Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Listrik MG Sudah Terjual 1.200 Unit

Kompas.com - 04/07/2024, 13:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Morris Garage (MG) Indonesia saat ini menjadi salah satu produsen otomotif yang memiliki lini produk kendaraan listrik, yakni MG 4EV dan MG ZS EV.

Usai diperkenalkan, kedua mobil tersebut juga langsung mendapat respon positif dari masyarakat. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sepanjang Januari hingga Mei 2024, penjualan kedua mobil listrik dari MG itu mencapai 1.120 unit.

“Sampai saat ini kita sudah mendistribusikan 1.200 unit sejak launching. Itu baru bicara EV (electric vehicle) saja, belum hybrid dan ICE (bensin),” ucap Donald Rachmat, Chief Operating Officer (COO) MG Motor Indonesia, di Jakarta Barat belum lama ini.

Baca juga: Hyundai Mau Kembangkan Mobil Hidrogen Hingga Mobil Terbang di IKN

Adapun sekitar 30 persen dari penjualan MG secara nasional ini disumbangkan oleh diler yang dikelola oleh Andalan Motors.

MG ZS EVMG Indonesia MG ZS EV

Sebagai informasi, Andalan Motors saat ini sudah memiliki empat jaringan diler MG, yaitu MG Motor Samanhudi (Jakarta Pusat), MG Motor Pondok Indah (Jakarta Selatan), MG Motor Buah Batu (Kota Bandung) hingga kini cabang terbaru MG Motor Puri (Jakarta Barat).

Chief Executive Officer Andalan Motors, Raynaldi Setiawan, menyebut bahwa saat ini pihaknya sudah menyerahkan ratusan unit MG 4 EV dan MG ZS EV kepada konsumen.

Baca juga: Apa Benar Mobil Transmisi Matik Tidak Boleh Didorong?

“Tiga diler sudah hampir 700-800 EV, ini Andalan saja. Untuk tahap awal kemarin 80 persen MG 4EV, 20 persen ZS EV, tapi sekarang ZS EV sudah mulai lancar, dan kedepannya sudah hampir 60:40,” kata Reynaldi.

Tak puas sampai disitu, Reynaldi mengaku, hingga akhir tahun 2024, diler Andalan menargetkan penjualan hingga 1.000 unit.

“Tahun ini kita harapkan 300-400 unit. Total andalannya sekitar 1.000 lebih termasuk model ICE,” kata Reynaldi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com