Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MotoGP Kazakhstan Batal Lagi, Diganti Qatar

Kompas.com - 02/07/2024, 13:12 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - MotoGP Kazakhstan 2024 dikabarkan akan dibatalkan. Setelah sebelumnya sempat ditunda, kali ini diyakini akan benar-benar batal digelar.

Dikutip dari Motorsport.com, Selasa (2/7/2024), MotoGP di Sirkuit Sokol akan digantikan oleh Qatar. Sehingga, Sirkuit Losail akan dua kali menggelar MotoGP, seperti pada waktu pandemi Covid-19.

Baca juga: Jadwal MotoGP Jerman 2024, Balapan Digelar Akhir Pekan Ini

Awalnya, acara ini dijadwalkan untuk memulai debutnya tahun lalu. Kemudian, dibatalkan tidak lama setelah musim dimulai karena pekerjaan di fasilitas tersebut, tepat di luar kota Almati, tidak sesuai jadwal.

Sokol International Racetrack atau Sirkuit Sokol akan menjadi tuan rumah untuk MotoGP Kazakhstan mulai 2023Dok. Crash.net Sokol International Racetrack atau Sirkuit Sokol akan menjadi tuan rumah untuk MotoGP Kazakhstan mulai 2023

Untuk musim 2024, MotoGP Kazakhstan dijadwalkan pada tanggal 14-16 Juli. Tapi, harus ditunda karena banjir ekstrem di wilayah tersebut tahun ini.

Saat itu, diputuskan bahwa MotoGP Kazakhstan akan ditempatkan di jeda waktu yang ditinggalkan oleh MotoGP India, pada 20-22 September.

Disebutkan bahwa pembatalan MotoGP Kazakhstan kali ini dikarenakan kurangnya jaminan yang ditawarkan oleh penyelenggara lokal. Padahal, perwakilan dari Dorna Sports sudah terus memantau untuk mempercepat semua pekerjaan yang masih tertunda.

Baca juga: Klasemen MotoGP Usai GP Belanda 2024, Bagnaia Tempel Ketat Martin

MotoGP Qatar 2020 berjalan tanpa digelarnya kelas MotoGP karena wabah virus Corona.. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)KARIM JAAFAR MotoGP Qatar 2020 berjalan tanpa digelarnya kelas MotoGP karena wabah virus Corona.. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)

Pasalnya, Sirkuit Sokol digelar di tempat yang cukup terpencil dengan infrastruktur yang belum memadai. Hotel untuk para pebalap pun lokasinya jauh dari sirkuit.

Pembatalan ini sudah yang ketiga kalinya, setelah MotoGP Argentina dan MotoGP India. Tapi, jumlah seri untuk musim ini tetap 20 seri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com