Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas Klaim Mobil Ditolak, Catat Ubahan yang Harus Lapor ke Asuransi

Kompas.com - 30/06/2024, 13:51 WIB
Dio Dananjaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Polis asuransi kendaraan bermotor memiliki aturan tersendiri yang wajib dipatuhi nasabah atau pihak tertanggung.

Apabila aturan yang disepakati tidak dipatuhi dengan baik, maka manfaat dari pihak pertanggungan kepada tertanggung tidak bisa diberikan.

Dalam kata lain, klaim kita terhadap perusahaan asuransi dapat ditolak. Karena itu, konsumen wajib mematuhi aturan main dari pihak pertanggungan.

Baca juga: Hasil Sprint Race MotoGP Belanda 2024, Bagnaia Menang

Mobil 'Supercar' Buatan Suharyanto pemilik bengkel modifikasi asal Gunungkidul, Yogyakarta.KOMPAS.COM/MARKUS YUWONO Mobil 'Supercar' Buatan Suharyanto pemilik bengkel modifikasi asal Gunungkidul, Yogyakarta.

Laurentius Iwan Pranoto, Head of Public Relations, Marketing Communication & Event Asuransi Astra mengatakan, setiap ubahan pada mobil wajib dilaporkan kepada perusahaan asuransi.

“Memang banyak, karena perjanjian perusahaan asuransi dan konsumen hanya untuk mobil standar, yang diganti adalah sesaat sebelum kejadian (modifikasi),” ujar Iwan di Jakarta (28/6/2024).

“Di polis itu ada, bahwa setiap penggantian harus dilaporkan. Termasuk perubahan yang lain, misalnya dijual mobilnya. Pindah kepemilikan harus lapor, kalau tidak, tidak akan di-cover,” kata dia.

Baca juga: Alasan Kenapa saat Pindah Persneling Mobil Manual Gas Harus Dilepas

Menurut Iwan, konsumen yang melalukan ubahan, baik secara fisik ataupun status penggunaan, wajib melakukan endorsement.

Untuk diketahui, endorsement merupakan perubahan data polis asuransi yang dapat menimbulkan kemungkinan terjadinya perubahan nilai premi.

Contohnya seperti perubahan penggunaan dari pribadi ke komersial, lalu juga perubahan kondisi pertanggungan dari Total Loss Only ke Comprehensive, atau perubahan nomor polisi kendaraan.

Baca juga: Meluncur di GIIAS 2024, Ini Modal Serena e-Power Usik Zenix Hybrid

Ilustrasi agen asuransi. FREEPIK/DRAZEN ZIGIC Ilustrasi agen asuransi.

“Terus penggunaan mobil jadi taksi online, jadi commercial, begitu mau klaim, ya tidak diterima. Karena mobil sudah berubah fungsi, sebaiknya lapor saja,” ucap Iwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com