Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Mobil Alami Rem Blong Kenapa Tidak Cabut Kunci | Rush Kuasai Segmen Low SUV April 2024 | Investasi Mobil Listrik Lebih Menguntungkan Indonesia Dibanding Hybrid

Kompas.com - 23/05/2024, 06:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pembaca yang ingin tahu, mengapa tidak cabut kunci saja ketika mobil mengalami rem blong. Selain itu, banyak yang penasaran dengan Toyota Rush yang berhasil menguasai segmen low SUV pada April 2024.

Tak ketinggalan, berita soal investasi mobil listrik lebih menguntungkan Indonesia dibanding hybrid pun banyak dibaca. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini deretan artikel otomotif terpopuler pada Rabu (22/5/2024):

1. Viral di Warganet, Mobil Alami Rem Blong Kenapa Tidak Cabut Kunci?

Viral di media sosial video soal pernyataan bagaimana penanganan mobil yang alami rem blong. Rekaman tersebut diunggah oleh akun Instagram @lowslowmotif, pada Selasa (21/5/2024).

Dalam tayangan tersebut memperlihatkan pengendara motor yang merekam ke arah jalan, dilengkapi dengan narasi yang mempertanyakan penanganan ketika mobil alami rem blong.

Baca juga: Viral di Warganet, Mobil Alami Rem Blong Kenapa Tidak Cabut Kunci?

2. Spesifikasi Mobil Hybrid BAIC yang Mau Dijual di Indonesia

BAIC BJ-30Foto: BAIC BAIC BJ-30

Merek asal China, BAIC resmi masuk pasar Indonesia dengan membwa dua model yaitu BAIC BJ-40 dan BAIC X55 II. Keduanya merupakan SUV buat peruntukan 4x4 dan perkotaan.

Namun bukan itu saja senjata BAIC di Indonesia, COO PT JIO Distribusi Indonesia (JDI) Dhani Yahya mengatakan, ke depan pihaknya akan membawa mobil hybrid BAIC BJ30 ke pasar Indonesia.

Baca juga: Spesifikasi Mobil Hybrid BAIC yang Mau Dijual di Indonesia

3. Toyota Rush Kuasai Segmen Low SUV April 2024

Toyota Rush Facelift 2024dok.TAM Toyota Rush Facelift 2024

Toyota Rush berhasil mencetak pertumbuhan penjualan positif di tengah perlambatan pasar otomotif nasional pasca-Lebaran 2024 atau April 2024.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), LSUV andalan Toyota Indonesia ini sukses membukukan penjualan dari pabrik ke diler alias wholesales sebesar 3.069 unit.

Baca juga: Toyota Rush Kuasai Segmen Low SUV April 2024

4. Hybrid di Motor Yamaha Cuma Gimik atau Memberi Kontribusi Nyata?

Test Ride Yamaha Fazzio Yogyakarta-SalatigaYIMM Test Ride Yamaha Fazzio Yogyakarta-Salatiga

Teknologi hybrid banyak disematkan pada motor Yamaha keluaran terbaru, seperti Fazzio dan Grand Filano. Yamaha menamai teknologi tersebut sebagai Blue Core Hybrid karena merupakan pengembangan dari yang sebelumnya.

Teknologi Hybrid pada Yamaha memanfaatkan peran Smart Motor Generator (SMG) yang sudah ada di mesin motor Blue Core Yamaha sebelumnya. Jika sebelumnya SMG hanya berfungsi sebagai electric starter di motor, sekarang dimaksimalkan sebagai Hybrid Power Assist.

Baca juga: Hybrid di Motor Yamaha Cuma Gimik atau Memberi Kontribusi Nyata?

5. Investasi Mobil Listrik Lebih Menguntungkan Indonesia ketimbang Hybrid

Ioniq 5 Batik dan Kona Electric Bikin Pengunjung IIMS TerpincutDok. Kompas.com/Daafa Alhaqqy Ioniq 5 Batik dan Kona Electric Bikin Pengunjung IIMS Terpincut

Pemerintah Indonesia tengah berwacana untuk memberikan tambahan insentif untuk mobil hybrid (hybrid electric vehicle/HEV). Belum diketahui seberapa besar pengurangan pajak mobil hybrid, tapi yang jelas insentif bisa membuat harga semakin terjangkau.

Menanggapi hal ini, Hyundai mengakui bahwa hal ini merupakan tantangan. Akan tetapi, berinvestasi pada mobil listrik menurutnya lebih berpotensi ketimbang mobil hybrid.

Baca juga: Investasi Mobil Listrik Lebih Menguntungkan Indonesia ketimbang Hybrid

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com