Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral, Honda Mobilio Kehilangan Keempat Bannya Saat Parkir

Kompas.com - 17/04/2024, 18:32 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Terjadi lagi, pencurian ban yang kali ini terjadi pada Honda Mobilio. Pencurian terjadi bukan hanya pada satu ban saja, tapi keempat bannya yang diambil oleh maling.

Kejadian tersebut dibagikan oleh warganet bernama Windi dan diunggah oleh akun Instagram @bogordailynews belum lama ini.

Baca juga: Arus Balik Berpotensi Hujan, Jangan Abaikan Kondisi Ban Mobil

"Dan terjadi lagi 4 ban mobil Honda Mobilio ini hilang dicuri didaerah Jl. Raya Dekeng Atas RT01/RW09 Kec. Bogor Selatan, Kota Bogor pada Selasa malam, 17 April 2024," tulis keterangan dalam unggahan tersebut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Bogor Daily (@bogordailynews)

Pada video tersebut, terlihat Honda Mobilio berwarna putih yang sedang diparkir di pinggir jalan kehilangan keempat rodanya. Sayangnya, tidak dijelaskan secara detail kapan atau waktu terjadinya pencurian tersebut.

Denny Sulistyo, Kepala Bengkel Honda Jakarta Center, mengatakan, kasus serupa pernah juga viral. Kebanyakan peristiwa tersebut terjadi di parkiran umum dan rest area.

"Harga satuan pelek dan ban sama dengan Rp 2,8 juta. Tapi, itu belum termasuk biaya ongkos kerja dan PPN," ujar Denny, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Tips Cegah Ban Mobil Pecah Saat Perjalanan Mudik Lebaran

Artinya, kalau ditotal untuk keempat ban, maka pemilik mobil yang kecurian mengalami kerugian minimal Rp 11,6 juta.

Honda Mobilio bekasOLX Autos doc. Honda Mobilio bekas

"Untuk baut roda yang menggunakan kunci khusus itu tersedia di toko aksesori atau lokapasar, dengan beragam kualitas," kata Denny.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana, mengatakan, bila dilihat dari video memang ada ruang di situ. Tapi, aman atau tidaknya jangan dari pertimbangan bahaya tabrakan saja, tapi juga bahaya kehilangan.

"Pertimbangan untuk parkir dan terutama yang menginap, pastikan tempatnya resmi atau berbayar dan ada penjaganya. Berikutnya, terang dan berpenutup atap. Sehingga, mudah dalam pengawasan. Lalu, yang ketiga, datar, rata dan alasnya kering dan keras," ujar Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com