Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Sekadar Aksesori, Ini Fungsi Pintu di Atap Bus

Kompas.com - 17/04/2024, 15:21 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Punya dimensi yang dan mampu mengakut banyak orang, ternyata bus punya beberapa pintu.

Tidak hanya pintu depan dan pintu belakang saja untuk keluar masuk, bus juga punya satu pintu lagi yang letaknya ada di atap.

Pintu tersebut berukuran kotak yang biasanya juga terdapat tuas pembuka kalau dilihat dari bagian kabin. Sementara itu dari luar pintu tersebut akan terlihat lebih menoonjol dari area atap lainnya. 

Namun bukan tanpa sebab pintu tersebut berada di atap, sebab keberadaannya berkaitan dengan fungsi penyelamatan.

Baca juga: Honda Luncurkan Merek Baru Khusus Produksi Mobil Listrik

Sales Staff karoseri Tentrem, Dimas Raditya mengatakan, pintu darurat yang ada di atap bisa digunakan jalur evakusai saat situasi darurat sehingga disebutnya emergency exit sunroof. 

“Emergency exit sunroof menjadi jalan keluar darurat saat bus terguling,” kata Dimas kepada Kompas.com beberapa waktu lalu. 

Sebab, saat bus terguling, penumpang yang masih terjebak di dalam kabin bus akan kesulitan untuk meraih kaca samping bila terlalu tinggi.

ac busKompas.com/Fathan Radityasani ac bus

Baca juga: Harga MPV Bekas Usai Lebaran, Serena mulai Rp 70 Jutaan, Innova Rp 100 Jutaan

Sehingga dengan adanya emergency exit sunroof ini, korban yang ada di kabin bus bisa lebih mudah untuk keluar. Oleh karena itu tuas pembuka pintu atap ini ada di area yang menghadap ke kabin penumpang agar mudah digunakan.

Dimas juga mengatakan, emergency exit sunroof ini juga bisa berfungsi sebagai akses angin untuk masuk ke bus saat AC mengalami masalah. Cara penggunaannya hanya diangkat, tidak dibuka secara total seperti mekanisme emergency alias darurat.

“Jadi emergency exit sunroof ini ada pegasnya, bisa hanya diangkat (setengah) saja. Kemudian ada juga pengait yang berfungsi untuk membuka seluruhnya saat keadaan darurat,” kata Dimas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com