Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puncak Arus Balik Lebaran 2024, Polisi Ingatkan Istirahat Tiap 4 Jam

Kompas.com - 14/04/2024, 09:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan bersama Kepolisian Republik Indonesia dan pengelola jalan tol kompak memprediksi bahwa puncak arus baik Lebaran 2024 akan terjadi mulai hari ini, Minggu (14/4/2024).

Kepadatan volume lalu lintas di berbagai ruas jalan tersebut berlangsung hingga Senin (15/4/2024) karena hari terakhir cuti bersama.

Bagi pemudik yang hendak melakukan perjalanan menggunakan kendaraan pribadi, diimbau untuk senantiasa mengikuti arahan petugas di lapangan. Serta, beristirahat setiap empat jam sekali.

Baca juga: 1.848 Kecelakaan Lalu Lintas Terjadi Sepanjang Arus Mudik 2024

Karena penuh, pengendara yang akan istirahat di Rest Area 455B diminta untuk meneruskan perjalanan, Sabtu (13/4/2024)KOMPAS.com/Dian Ade Permana Karena penuh, pengendara yang akan istirahat di Rest Area 455B diminta untuk meneruskan perjalanan, Sabtu (13/4/2024)

"Menurut data Korlantas Polri bahwa puncak arus balik diprediksi mulai hari Minggu ini sampai dengan Senin," kata Karopenmas Divsi Humas Polri Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko dalam siaran daring, Sabtu (13/4/2024).

"Seiring dengannya, kami mengimbau masyarakat agar terus update semua informasi mengenai arus balik dan disarankan istirahat setelah mengemudi selama empat jam," lanjut dia.

Langkah terkait untuk menghindari tingkat kelelahan yang berlebihan pada pengemudi. Sebab ketika dipaksakan, konsentrasi akan menurun dan dapat berujung pada kecelakaan lalu lintas.

“Apabila kelelahan diharapkan tidak memaksakan diri serta maksimalkan mengemudi selama 4 jam, kemudian dapat istirahat di rest area jalur tol atau keluar pada jalur arteri yang telah disediakan,” jelasnya.

Baca juga: Arus Balik, Tol Cimanggis-Cibitung Dibuka sampai Pukul 17.00 WIB

Ilustrasi power nap atau tidur singkat di dalam mobil saat berhenti di rest area Ilustrasi power nap atau tidur singkat di dalam mobil saat berhenti di rest area

Selain itu masyarakat diimbau untuk memastikan kesehatan fisik tubuh dan kendaraan dalam konfisi baik.

“Pilih dengan baik waktu arus balik lebih awal dan sesuai dengan kondisi dan pemberlakuan rekayasa lalu lintas, sehingga aman dan nyaman serta mudik ceria penuh makna,”ujar Wisnu.

Ia pun menegaskan, selama arus balik Lebaran 2024 ini Polri siap melayani dan mengamankan pemudik, memastikan keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) tercipta optimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com