Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

H2 Lebaran, Lalu Lintas Arus Mudik di Jalan Tol Masih Ramai

Kompas.com - 13/04/2024, 07:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat pada H1 sampai H2 Lebaran, volume lalu lintas silaturahmi meninggalkan wilayah Jabotabek masih terpantau tinggi, tercatat 396.318 kendaraan.

Lalu lintas didominasi kendaraan menuju arah Timur (ke arah Trans Jawa melalui GT Cikampek Utama dan ke arah Bandung melalui GT Kalihurip Utama) sebesar 56,1 persen.

"Kami mencatat kendaraan yang melalui GT Cikampek Utama mencapai 127.425 kendaraan, meningkat hingga 146,2 persen terhadap lalu lintas normal,” ujar Marketing and Communication Department Head Jasa Marga Faiza Riani, dalam keterangan resmi, Jumat (12/4/2024).

Baca juga: Hyundai Santa Fe Tertangkap Kamera Sedang Tes Jalan

Arus lalu lintas yang melintasi Gerbang Tol (GT) Kalihurip Utama saat Hari Pertama Lebaran, Sabtu (22/4/2023). Jasa Marga Arus lalu lintas yang melintasi Gerbang Tol (GT) Kalihurip Utama saat Hari Pertama Lebaran, Sabtu (22/4/2023).

“Selain itu, kenaikan lalu lintas signifikan juga terlihat untuk yang mengarah ke Bandung melalui GT Kalihurip Utama yaitu sebanyak 94.900 kendaraan, meningkat 68,9 persen dibandingkan dengan lalu lintas normal,” kata dia.

Melihat lalu lintas silaturahmi yang juga masih tinggi keluar Jabotabek, Faiza mengimbau masyarakat yang saat ini masih berada di kampung halaman untuk mengatur waktu perjalanan kembali ke Jabotabek.

Seperti diketahui, periode arus balik sendiri memiliki jumlah hari yang cukup pendek jika dibandingkan dengan arus mudik. Tahun ini puncak arus balik diprediksi jatuh pada Senin, 15 April 2024.

Baca juga: Video Daihatsu Luxio Gagal Menanjak di Tikungan Curug Sibedug

Untuk menghindari penumpukan kendaraan, Jasa Marga mengimbau masyarakat untuk menghindari juga perjalanan di waktu favorit yaitu pagi dan malam hari.

Sebagai informasi, sebanyak 1.764.561 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek pada H-7 sampai H2 Hari Raya Idu Fitri 1445H/Tahun 2024 atau pada periode 3-11 April 2024.

Angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama, yaitu GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), dan GT Cikampek Utama (arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (arah Bandung).

Baca juga: Jadwal MotoGP Amerika 2024, Sesi Latihan Dimulai Hari Ini

Satlantas Polres Bogor menerapkan sistem satu arah atau one way dari arah Jakarta menuju Kawasan Puncak, Kabupaten Bogor pada H+2 Lebaran, Jumat (12/4/2024).KOMPAS.com/ RUBY RACHMADINA Satlantas Polres Bogor menerapkan sistem satu arah atau one way dari arah Jakarta menuju Kawasan Puncak, Kabupaten Bogor pada H+2 Lebaran, Jumat (12/4/2024).

Total volume lalin yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini meningkat sebesar 46 persen jika dibandingkan lalin normal (dari 1.208.565 kendaraan).

Adapun Jika dibandingkan dengan periode Lebaran 2023, maka total volume lalin ini lebih tinggi sebesar 0,4 persen (dari 1.758.263 kendaraan).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com