Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

One Way Ditutup, Lalu Lintas Jakarta-Semarang Bisa Dilewati 2 Arah

Kompas.com - 09/04/2024, 13:06 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepolisian akan menutup rekayasa lalu lintas satu arah atau one way periode arus mudik Lebaran 2024 di Jalan Tol Trans Jawa dari Cipali sampai dengan Semarang.

Penutupan ini dilakukan setelah sebelumnya penerapan one way diperpanjang dengan klaim untuk kelancaran arus mudik sejak 5 April 2024 pukul 21.50 WIB dan berlanjut hingga 9 April 2024 pada pukul 12.00 WIB.

Marketing and Communication Department Head Jasa Marga Faiza Riani menjelaskan, sebelum ditutup, one way diberlakukan mulai dari KM 72 Jalan Tol Cipali sampai KM 414 GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang.

Saat ini, lalu lintas normal telah dimulai sejak 9 April 2024 pukul 12.00 WIB setelah dua jam dilakukan pembersihan lajur oleh petugas sejak pukul 10.00 WIB.

Baca juga: Ajak Yaris Cross dan Zenix Hybrid ke Negeri di Atas Awas

Penerapan one way di Tol Cipali hingga SemarangKOMPAS.com/Adityo Wisnu Penerapan one way di Tol Cipali hingga Semarang

Faiza mengatakan, dalam memberikan rekomendasi kepada pihak kepolisian untuk menutup rekayasa lalu lintas, Jasa Marga melakukan analisa berdasarkan data yang didapatkan via teknologi traffic counting yang diolah dengan platform decision support system di super-app Jasa Marga Integrated Digitalmap (JID) sebagai bentuk implementasi Intelligent Transportation System (ITS) Jasa Marga.

"Sejumlah indikator tersebut dilihat berdasarkan volume lalu lintas dari traffic counting di antaranya yaitu di KM 71 Jalan Tol Jakarta-Cikampek, KM 190 Jalan Tol Palikanci, KM 411 Jalan Tol Batang-Semarang yang dipantau selama 3 jam berturut-turut, dan jumlah volume lalu lintas di periode tersebut tercatat di bawah indikator. Tidak hanya itu, Jasa Marga juga melihat kondisi lalu lintas dari sejumlah arah dari wilayah Jakarta seperti Jalan Tol JORR dan Jalan Tol Dalam Kota," ujar Faiza dalam keterangan resminya, Selasa (9/4/2024).

Baca juga: One Way Tol Cipali-Kalikangkung Diperpanjang hingga Pukul 12.00 WIB

Lebih lanjut dijelaskan, sepanjang pemberlakuan one way pada periode arus mudik dari 5-8 April 2024, puncak lalu lintas tertinggi di Gerbang Tol Utama dari Jakarta menuju arah Trans Jawa terjadi pada 6 April 2024 atau H-4 Lebaran dengan rinciannya ;

- GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek mencapai 122.000 kendaraan, naik 322 persen dari normal
- GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang mencapai 69.000 kendaraan, naik 311 persen dari normal

Jasa Marga mengucapkan terima kasih atas kerja sama dan kesabaran pengguna jalan dalam mewujudkan perjalanan mudik Lebaran 2024.

Baca juga: Cek Kondisi All New Xenia di Pos Siaga Astra Daihatsu Salatiga

Penutupan sejumlah pintu tol di Trans-Jawa imbas one wayKOMPAS.com/Adityo Wisnu Penutupan sejumlah pintu tol di Trans-Jawa imbas one way

 

Selain itu, juga juga memohon maaf dan juga berterima kasih atas pengertian pengguna jalan yang terdampak pemberlakuan one way di arah sebaliknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com