Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persiapan Mobil Sebelum Diajak Berwisata

Kompas.com - 12/04/2024, 09:22 WIB
Erwin Setiawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

KENDAL, KOMPAS.com - Tempat-tempat wisata kerap dijadikan destinasi keluarga setelah bersilaturahmi ke sanak saudara. Momen ini biasa dilakukan sebelum masyarakat kembali ke rutinitas biasa.

Berwisata sebelum kembali ke Jakarta biasa dilakukan guna menghindari puncak arus balik. Sehingga, perjalanan ke Jakarta nantinya bisa menjadi lebih nyaman karena terhindar macet.

Untuk berwisata ke pantai atau pegunungan, mobil juga perlu dipersiapkan karena kondisi jalan menuju tempat wisata umumnya sepi atau tidak seramai perkotaan yang bisa mendapatkan bantuan lebih mudah bila terjadi kendala di jalan.

Selain itu, medan jalan yang menantang atau lebih berat cenderung lebih sering dijumpai saat perjalanan menuju destiinasi. Artinya, kondisi mobil wajib prima.

Baca juga: 12 Tempat Wisata di Pantura dan Pansela, Cocok Dikunjungi Saat Liburan

Oto Journey 2024 - Toyota Innova Zenix HybridKOMPAS.com/Adityo Wisnu Oto Journey 2024 - Toyota Innova Zenix Hybrid

Foreman Aha Motor Yogyakarta Aji Dwi Nugroho mengatakan pemeriksaan mobil yang ringan-ringan perlu dilakukan setiap hendak perjalanan, termasuk sebelum mengunjungi tempat-tempat wisata seperti pantai dan pegunungan.

“Kondisi jalan yang sepi dari keramaian, membuat pengendara perlu mempersiapkan kendaraan dengan baik, sehingga dapat mencegah terjadinya masalah di jalan,” ucap Aji kepada Kompas.com, belum lama ini.

Dia mengatakan pemeriksaan ringan bisa dilakukan sendiri oleh pengguna mobil agar mobil tetap prima.

Baca juga: Liburan Lebaran 2024, Kunjungan Wisatawan ke Danau Kelimutu Turun

Oto Journey 2024 - Toyota Yaris dan Innova Zenix HybridKOMPAS.com/OTOMOTIF Oto Journey 2024 - Toyota Yaris dan Innova Zenix Hybrid

“Seperti memeriksa kondisi air aki, bila kurang ditambah, pemeriksaan kekencangan terminal aki, bila kendor dikencangkan kembali, langkah itu akan mencegah terjadinya mobil mogok akibat aki tekor,” ucap Aji.

Selain aki, pengguna mobil juga bisa memeriksa kondisi air radiator yang ada di reservoir untuk menghindari terjadinya overheat.

“Dengan memeriksa level air radiator, maka pengguna mobil akan mengetahui apakah ada masalah atau tidak pada sistem pendingin mesin, jika kurangnya melebihi batas minimal, maka perlu diamati lebih lanjut tapi kalau kurang sedikit bisa langsung ditambah air murni,” ucap Aji.

Baca juga: 5 Wisata Alam di Jember, Liburan Saat Mudik Lebaran 2024

Oto Journey 2024 - Toyota Yaris dan Innova Zenix HybridKOMPAS.com Oto Journey 2024 - Toyota Yaris dan Innova Zenix Hybrid

Oli mesin juga perlu diperiksa, jangan sampai kurang atau habis karena dampaknya bisa membuat mesin macet hingga kerusakan yang serius.

“Periksa level oli mesin, kalau kurang bisa ditambah saja untuk sementara karena kalau sampai oli mesin kurang dampaknya bisa merusak mesin dan mogok di jalan,” ucap Aji.

Selanjutnya tekanan angin ban juga sebaiknya diperiksa, untuk menghindari terjadinya pecah ban atau kempis di tengah perjalanan.

Baca juga: 6 Wisata Wonogiri untuk Keluarga Saat Liburan Lebaran


“Periksa tekanan angin ban empat roda dan cadangan, sehingga risiko pecah ban atau kempis menjadi berkurang, ban cadangan juga bisa menolong ketika di tengah perjalanan karena bisa digunakan untuk sementara,” ucap Aji.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com