Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berlaku 17 April, Diskon Tarif Tol Arus Balik Khusus Perjalanan Semarang-Jakarta

Kompas.com - 12/04/2024, 06:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Diskon tarif tol 20 persen akan kembali diterapkan PT Jasa Marga (Persero) Tbk, untuk semua golongan kendaraan yang melintas di Jalan Tol Trans-Jawa pada masa arus balik Lebaran.

Penerapan diskon tarif tol Trans-Jawa akan berlaku mulai 17 April 2024 pukul 05.00 WIB hingga Jumat, 19 April 2024 pukul 05.00 WIB, khusus untuk kendaraan dari Semarang mengarah ke Jakarta.

Waktu pemberlakuan potongan tarif sengaja diterapkan pada tanggal yang menjadi prediksi puncak arus balik, yakni dari 13-15 April 2024. Hal ini sebagai upaya menekan kepadatan arus lalu lintas.

Baca juga: Bertualang dari Jakarta sampai Banyuwangi dengan Xenia, Terios dan Gran Max

Marketing and Communication Department Head Jasa Marga Faiza Riani menjelaskan, tujuan diskon tarif tol untuk mendistribusikan lalu lintas agar tidak terkonsentrasi pada satu waktu di mana pergerakan arus balik akan mulai meningkat.

Diskon tarif tol arus balik Lebaran 2024JASA MARGA Diskon tarif tol arus balik Lebaran 2024

Potongan tarif tol 20 persen untuk Tol Trans Jawa tersebut hanya berlaku untuk perjalanan menerus, bagi pengguna yang melakukan tap in dari GT Kalikangkung dan melakukan tap out di GT Cikampek Utama.

"Bagi masyarakat yang masih memiliki kelonggaran waktu untuk menggeser waktu perjalanannya, dapat memanfaatkan waktu pemberlakuan potongan tarif tol untuk menghindari wilayah yang berpotensi menjadi titik kepadatan di jalan tol Jasa Marga Group khususnya dari Semarang sampai Jakarta," ujar Faiza, dalam keterangan resminya, Kamis (11/4/2024).

Diskon tarif tol di Trans-Jawa pada masa arus balik hanya berlaku jika transaksi dilakukan dengan menggunakan uang elektronik (e-toll).

Baca juga: Tempuh Semarang-Cirebon Non Tol, Seberapa Irit Yaris Cross dan Innova Zenix Hybrid?

GT Kalikangkung-SemarangJASA MARGA GT Kalikangkung-Semarang

Faiza menjelaskan, potongan tarif tidak berlaku apabila transaksi dengan saldo e-toll tidak mencukupi atau tidak terbaca asal dan golongan kendaraan.

Untuk itu, sebelum memulai perjalanan, diwajibkan untuk memastikan kecukupan saldo e-toll minimal Rp 500.000 untuk kendaraan golongan I yang melakukan perjalanan dari Semarang ke Jakarta.

"Potongan tarif akan diberlakukan bagi semua golongan kendaraan. Untuk perjalanan menerus, pengguna akan melewati beberapa ruas jalan tol baik jalan tol Jasa Marga Group diantaranya Jakarta-Cikampek, Palimanan-Kanci, Batang-Semarang, dan Semarang Seksi ABC serta jalan tol Non Jasa Marga Group di antaranya Cikampek-Palimanan, Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang dan Pemalang-Batang," katanya.

Teksnisnya, diskon tarif tol akan dihitung pada saat melakukan tap out di gerbang tol keluar, yaitu GT Cikampek Utama pada periode arus balik sesuai tanggal dan waktu yang telah ditentukan.

Baca juga: Harga LCGC Stabil di Momen Lebaran 2024

Potongan tarif tidak berlaku bila pengguna jalan tap out pada hari terakhir pemberlakuan potongan tarif melebihi pukul 05.00 WIB.

Besaran potongan tarif tol 20 persen untuk perjalanan menerus arus balik dari Semarang menuju Jakarta yang hanya berlaku dari GT Kalikangkung menuju GT Cikampek Utama, sebagai berikut ;

- Kendaraan Golongan I : Semula Rp 421.500 jadi Rp 337.200, diskon Rp 84.300
- Kendaraan Golongan II dan III: Semula Rp 649.500 jadi Rp 519.600, diskon Rp 129.900
- Kendaraan Golongan IV dan V: Semula Rp 856.500 jadi Rp 685.200, diskon Rp 171.300

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com