Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Penyebab Kemacetan Saat Arus Mudik Lebaran Versi Polisi

Kompas.com - 24/03/2024, 08:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Lalu lintas arus mudik jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H diprediksi bakal macet. Kepolisian bahkan telah mengumumkan puncak arus mudik diprediksi terjadi sekitar tanggal 6 dan 7 April 2024.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Aan Suhanan, mengatakan, terdapat beberapa penyebab kemacetan saat arus mudik Lebaran.

Pertama adalah kepadatan di rest area yang seringkali menjadi pusat kemacetan. Seperti diketahui, banyaknya kendaraan yang antre masuk ke rest area telah menimbulkan kemacetan panjang.

Baca juga: Aksi Koboi Jalanan Terulang, Diduga karena Potong Jalur

Sejumlah kendaraan pemudik mengantre di semua lajur pengisian BBM di Rest Area KM 207 Tol Palikanci Kabupaten Cirebon. Jasa Marga menyebut kepadatan kendaraan pemudik terjadi pada puncak arus mudik dan balik tiap tahunnya. Foto dokumentasi Kompas.com arus mudik sebelumnyaMUHAMAD SYAHRI ROMDHON/ Kompas.com Sejumlah kendaraan pemudik mengantre di semua lajur pengisian BBM di Rest Area KM 207 Tol Palikanci Kabupaten Cirebon. Jasa Marga menyebut kepadatan kendaraan pemudik terjadi pada puncak arus mudik dan balik tiap tahunnya. Foto dokumentasi Kompas.com arus mudik sebelumnya

"Ini kita akan kelola bersama dengan pengelola rest area bagaimana traffic flow-nya, penambahan pelayanan dari rest area itu sendiri, sehingga arus lalu lintas yang menuju ke rest area ini bisa lancar” ujar Aan, dilansir dari Instagram resmi @korlantaspolri.ntmc, Sabtu (23/3/2024).

Kemudian penyebab kemacetan berikutnya terkait penumpukan kendaraan di gerbang tol. Pasalnya, masih ada beberapa pengendara yang lupa dengan saldo uang elektroniknya, sehingga membuat antrean yang lebih lama.

“Masih ada perilaku yang ini bisa memperlambat tertib lajur di gate, namun dari pengelola jalan tol sudah mempersiapkan cara bertindak untuk mempercepat pelayanan di gerbang tol tersebut,” ucap Aan.

Baca juga: Tampilan Nissan Kicks Terbaru Berubah Total, Lebih Futuristik

Lalu, kendaraan logistik yang masih beredar saat periode mudik Lebaran turut membuat arus lalu lintas menjadi padat.

“Nanti mungkin ada pembatasan, terutama sumbu 3 ke atas, untuk mengurangi beban arus lalu lintas di jalan tol,” kata Aan.

Terakhir, terkait mobil-mobil yang mengalami masalah di jalan dan berhenti bahu jalan. Kondisi ini rupanya turut memengaruhi kelancaran arus lalu lintas.

“Masih adanya kendaraan yang mogok, bermasalah, sehingga ini memengaruhi arus lalu lintas yang ada di belakangnya, terjadi kelambatan, terjadi kemacetan,” ujar Aan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com