Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ubahan Alva One XP, Dibikin Cocok dengan Kebiasaan Orang Indonesia

Kompas.com - 06/03/2024, 16:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Alva meluncurkan One XP di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024. Motor listrik ini memang hadir sebagai penyempurnaan dari One yang pertama kali diperkenalkan November 2022.

Jadi model yang menyempurnakan, ada beberapa hal yang berbeda dengan di One. Pertama adalah warna, One XP tersedia cuma dengan skema warna dual tone, ada lima variasi dan ada yang doff gloss atau mengilap.

Lebih detail, warnanya ada Edgy Turqoise (Biru Muda, Putih), Halo White (Putih, Merah), Indie Red (Merah, Putih), Casual Blue (Biru Tua, Putih), dan Supernova Black (Hitam, Biru). Sedangkan One, warnanya hanya satu tone, dan ada lima juga.

Baca juga: Selisih Rp 1 Jutaan, Ini Perbedaan Fitur Motor Listrik Alva One XP

Alva One XPKOMPAS.com/FATHAN Alva One XP

One XP bukan cuma dual tone, tapi juga dipasangi striping yang bikin penampilannya menarik. Jadi berbeda jauh dengan One yang polos saja, hanya ada tulisan One di samping. 

Kedua, ubahannya ada di layar instrumen yang sekarang adaptif dengan cahaya diberi anti silau. Jadi kalau malam, latarnya jadi hitam, sedangkan siang putih. Melihat yang lama, ada keluhan karena terlalu silau baik di siang bahkan malam.

Selain itu, user interface dari layarnya berbeda, lebih enak dilihat dengan tampilan lebih besar. Tampilannya berisi kecepatan, status baterai, jarak tempuh, dan penunjuk navigasi.

Baca juga: PO Bintang Zahira Rilis 2 Unit Bus Baru, Pakai Sasis Hino

Alva One XPKOMPAS.com/FATHAN Alva One XP

Ketiga, ubahannya ada di dinamo yang diklaim lebih tahan banting. Alva One sebelumnya sudah memenuhi standar IP 65 yang terlindung dari debu, dan semprotan air, tapi yang di One XP dibuat lebih tahan lagi.

Masykur, Product Planning Advisor Alva mengatakan, dinamo yang digunakan kini sudah IP 65 Plus. Perbedaannya ada di bagian sealant, di mana dibuat lebih tahan dengan kebiasaan orang Indonesia.

"Sudah tahan air, sebelumnya kita sarankan misal motor habis melibas genangan, sebaiknya dibersihkan supaya kotoran enggak menempel. Sedangkan orang Indonesia tidak sempat, pulang kantor kecapekan," kata Masykur kepada Kompas.com, Rabu (6/3/2024).

Kata Masykur, kebiasaan tadi yang kadang jadi masalah. Makanya di One XP dinamo tadi disempurnakan, terutama di bagian sealant, jadi lebih tahan banting.

Soal spesifikasi, sebenarnya sama saja dengan One yang lama. Kecepatan puncaknya bisa sampai 90 Kpj dan punya torsi instan 46,5 Nm dari putaran awal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com