Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulasan Komplet Fitur Mitsubishi XForce

Kompas.com - 17/01/2024, 10:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Persaingan mobil di Sport Utility Vehicle (SUV) segmen B semakin ketat setelah ada Mitsubishi XForce. Mobil ini hadir untuk menggoda konsumen yang tertarik dengan SUV ringkas.

Jika sebelumnya tim redaksi sudah membahas eksterior. Kini saatnya membahas fitur-fitur unggulan yang dimiliki oleh XForce yang punya dua tipe yaitu Exceed yang dibanderol Rp 382,5 juta, dan Ultimate Rp 419,1 juta.

Baca juga: Ini yang Bikin Rack Steer Cepat Aus dan Bunyi

Namun, kali ini Kompas.com akan membahas untuk fitur XForce Ultimate yang merupakan tipe tertinggi.

Fitur pertama yaitu pada sektor hiburan. XForce dibekali layar head unit 12,3 inci yang bisa tersambung dengan Smartphone-link Display Audio, Android Auto, dan Apple CarPlay, dipadukan dengan layar MID berukuran 8 inci.

Mitsubishi XForceFoto: KOMPAS.com/Adityo Wisnu Mitsubishi XForce

Pengaturan AC sudah dual zone, sehingga memungkinkan pengemudi dan penumpang untuk menyetel suhu yang berbeda.

Untuk mengakses fitur pada head unit juga bisa dioperasikan melalui pengaturan tombol di setir.

XForce juga berusaha memanjakan telinga pengemudi dan penumpang karena mobil sudah dibekali dengan audio premium Dynamic Sound Yamaha.

Baca juga: Gran Max Pikap Dites Tabrak, Imbas Skandal Kecurangan Daihatsu

Sistem audio Yamaha ini dilengkapi dengan 8 speaker terintegrasi dan 4 Preset Equalizer (Signature, Lively, Powerful, Relaxing), rincianya tweeter depan di pilar A pada kedua sisi, woofer di pintu depan, dan speaker coaxial dua arah di pintu belakang.

Sistem audionya punya fitur Speed Compensated Volume (SCV) di mana volume dan kualitas suara yang disesuaikan dengan kecepatan kendaraan.

 

Mitsubishi XForceFoto: KOMPAS.com/Adityo Wisnu Mitsubishi XForce

Dari sisi pengendalian, mobil ini sudah dibekali dengan empat mode berkendara yang sudah disesuaikan dengan jalan yang ada di Indonesia, yakni Normal, Wet, Gravel, dan Mud.

Untuk mengatifkannya pengemudi cukup memilih mode melalui tuas kecil yang berada di sebelah kiri dekat transmisi, otomatis sistem akan langsung memberikan perubahan menyesuaikan kebutuhan.

Baca juga: Begini Cara Aman Menggunakan Google Maps Agar Tidak Dijambret

Khusus Mode Wet alias jalan basah diperkenalkan pertama kalinya pada XForce. Mitsubishi mengatakan mode ini khusus dikembangkan untuk pelanggan yang tinggal di daerah dengan curah hujan tinggi seperti di kawasan ASEAN.

Mode ini diklaim bisa menghasilkan pengendalian lurus yang konsisten bahkan saat melewati jalan yang tergenang air cukup dalam dan kemampuan menikung yang stabil saat cuaca hujan deras.

Mitsubishi XForceFoto: KOMPAS.com/Sandy Mitsubishi XForce

Selain itu Mitsubishi ikut menyematkan Active Yaw Control (AYC) yang juga tersemat pada Xpander Cross. AYC ini dapat bekerja otomatis saat mobil melakukan manuver berbelok di jalan kering maupun licin.

Sistem AYC diklaim ampuh meningkatkan performa menikung menyesuaikan gaya pengereman roda depan guna mengoptimalkan kestabilan kendaraan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com