Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini yang Bikin Rack Steer Cepat Aus dan Bunyi

Kompas.com - 16/01/2024, 19:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Rack steer merupakan bagian dari sistem kemudi yang banyak digunakan pada mobil penumpang. Meski sudah banyak mengalami pengembangan dengan adanya fluida power steering, electric power steering (EPS) dan kombinasi keduanya.

Namun secara konstruksi, sistem kemudi tipe rack & pinion masih cukup mendominasi di pasaran. Komponen ini bertugas untuk mengubah arah putaran kemudi menjadi gaya dorong kanan dan kiri untuk menggerakkan roda mobil.

Salah satu penyakit umum pada rack steer adalah bunyi akibat keausan yang terjadi seiring pemakaian. Berhubung penyebab kerusakannya adalah hal yang terbilang wajar, maka tidak bisa dicegah kecuali hanya dengan mengurangi risiko.

Baca juga: Ini yang Bikin Rack Steer Bunyi Saat Mobil Lewat Jalan Rusak

Rack steer bisa rusak di beberapa bagiannya.Kompas.com/Ghulam Rack steer bisa rusak di beberapa bagiannya.

Hasan Ariyanto, Pemilik Mandiri Auto Klaten mengatakan bila mobil kerap melewati jalan tidak rata atau keriting maka rack steer dapat lebih cepat aus.

“Jalan yang dilalui cukup mempengaruhi, jika sering menghajar lubang atau jalan tidak rata maka rack steer akan cepat rusak, sehingga sebisa mungkin pengemudi lebih pintar memilih jalan,” ucap Hasan kepada Kompas.com, Selasa (16/1/2024).

Hasan mengatakan guncangan dari permukaan jalan akan diteruskan oleh roda sehingga akan berhubungan langsung dengan bagian rack steer.

Baca juga: Penyebab Kaki-kaki Mobil Bunyi Tidak Selalu Soal Kerusakan Rack Steer

Pemegang poros rack bisa meredam sekaligus membuatnya selalu senter.Aha Motor doc. Pemegang poros rack bisa meredam sekaligus membuatnya selalu senter.

Hasan mengatakan ada bagian-bagian menjadi lebih cepat aus akibat guncangan seperti pemegang atau bushing poros rack steer yang terbuat dari bahan plastik.

“Namun, bushing ini juga bisa aus secara perlahan seiring pemakaian, karena prinsip kerjanya memang untuk memegang poros rack, jadi selama roda kemudi diputar maka saat itu juga gaya gesek terjadi dan berpotensi membuatnya aus,” ucap Hasan.

Penggantian bushing kerap menjadi solusi untuk kerusakan rack steer level ringan. Sehingga, biaya perbaikannya jauh lebih murah.

Baca juga: Perbaikan Rack Steer Mobil Tidak Bisa Sembarangan


“Bicara kerusakan rack steer sebenarnya bukan cuma soal bushing, bahkan sampai membuat rack dan pinion aus juga bisa jika tidak dirawat dengan baik atau mengabaikan bunyi rack steer yang mulai timbul,” ucap Hasan.

Jadi, menurut Hasan faktor yang mempengaruhi keawetan rack steer adalah kondisi kontur jalan yang kerap dilalui.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com