Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adu Spek Wuling BinguoEV dan MG4 EV, Mobil Listrik Harga Rp 400 Jutaan

Kompas.com - 12/01/2024, 07:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar mobil listrik Indonesia semakin ramai di awal 2024, semakin banyak jenama yang meluncurkan model terbaru untuk menggaet minat konsumen.

Terbaru, Morris Garage (MG) kembali melansir MG4 EV versi terbaru yang kini sudah diproduksi di Indonesia. Banderolnya juga lebih terjangkau di rentang harga Rp 400 jutaan.

Dengan rentang harga tersebut, MG4 EV akan bersaing ketat dengan Wuling, pabrikan asal China lain yang belum lama ini melansir mobil listrik baru Wuling BinguoEV.

Artikel ini akan membahas secara singkat terkait dapur pacu dari kedua mobil listrik tersebut. Menimbang harganya terpaut sedikit, akan dikulik apakah spesifikasinya saling bersaing pula.

Baca juga: Motor Listrik United Mau Masuk Malaysia dan Thailand Tahun Ini

Test drive Wuling Binguo EVDok. Wuling Test drive Wuling Binguo EV

Spesifikasi Wuling BinguoEV

Mulai Wuling BinguoEV yang meluncur lebih dulu pada 31 Desember 2023. Mobil listrik baru ini mengusung dimensi cukup ringkas, dengan panjang 3.950 mm, lebar 1.708 mm, tinggi 1.580 mm, dan jarak sumbu rodanya 2.560 mm.

Dapur pacunya disokong oleh baterai jenis Lithium Ferro Phospate (LFP) bersertifikasi IP67 tahan air dan debu, serta dinamo berdaya 50 Kilowatt (kW) dengan torsi maksimal 125 newton meter (Nm).

Wuling menyediakan dua opsi kapasitas baterai berdasarkan daya jelajah maksimal, yakni kapasitas 31,9 Kilowatt Hour (kWh) untuk varian 333 kilometer, dan 37,9 kWh untuk varian 410 kilometer. BinguoEV telah dibekali kemampuan fast charging DC dengan tipe colokan IEC tipe BB.

Terkait banderol, Wuling BinguoEV Long Range dilego Rp 358 juta untuk varian 333 kilometer, dan Rp 408 juta untuk varian Premium Range 410 kilometer. Kedua harga tersebut untuk on the road (OTR) Jakarta

Baca juga: Sudah Bisa Dipesan, Intip Spesifikasi Mobil Listrik VinFast

Warna Baru MG4 EV, Volcano OrangeKompas.cm/Daafa Alhaqqy Warna Baru MG4 EV, Volcano Orange

Spesifikasi MG4 EV

Berlanjut ke MG4 EV, mobil listrik ini awalnya diperkenalkan pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) pada Februari 2023. Mengusung desain hatchback dengan panjang 4.287 mm, lebar 1.836 mm, tinggi 1.504 mm, dan jarak sumbu rodanya 2.705 mm.

Untuk urusan dapur pacu, MG4 EV ditenagai baterai LFP dengan kapasitas 51 kWh, dan daya dinamo sebesar 170 kW serta torsi 250 Nm.

Mobil listrik ini memiliki dua varian, yakni Ignite dan Magnify i-Smart. Daya jelajah maksimal kedua varian tersebut tidak berbeda, yakni 425 kilometer.

Banderol MG4 EV sempat mengalami perubahan, karena pada awal peluncurannya, harganya adalah Rp 699,9 juta untuk varian tertinggi. Namun setelah perakitannya sudah CKD di Indonesia, harganya turun menjadi Rp 433 juta untuk OTR Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com