Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Mobil Lewat Gerbang Tol Dalam Kota Tanpa Berhenti

Kompas.com - 11/01/2024, 19:07 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Postingan Instagram seorang pengendara yang melintasi Gerbang Tol (GT) dalam kota tanpa berhenti menulai banyak pertanyaan warga net. Pasalnya, sampai saat ini layanan Multi Lane Free Flow (MLFF) belum diterapkan.

MLFF merupakan sistem layanan jalan tol yang mampu melakukan transaksi tol non-tunai nirsentuh dan tanpa henti. Kendaraan cukup melewati GT saja, kemudian sistem akan langsung membaca dan menarik biaya tol otomatis.

Sehingga, bisa mengurangi kepadatan kendaraan akibat berhenti di gerbang tol karena harus men-tap kartu pembayaran tol dan menunggu sistem untuk mengonfirmasinya.

Baca juga: Bahaya, Jangan Pernah Injak Rem Saat Mobil Alami Aquaplaning

Gantry MLFF di GT Ngurah Rai, Jalan Tol Bali MandaraKompas.com/Aisyah Sekar Ayu Maharani Gantry MLFF di GT Ngurah Rai, Jalan Tol Bali Mandara

Menanggapi video tersebut, Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Ali Rachmadi Nasution menyebut, bahwa fasilitas yang digunakan pengendara ialah pembayaran tol berbasis Radio Frequency Identification (RFID).

"Dalam video itu, pengendara melalui GT menggunakan sistem pembayaran tol berbasis RFID yang dioperasikan PT Jasa Marga," katanya saat dihubungi Kompas.com, Kamis (11/1/2024).

"MLFF belum ditetapkan di tol dalam kota. Perluasan MLFF ke ruas jalan tol lainnya akan dilakukan setelah implementasi masa transisi pada jalan tol di Bali Mandara berhasil memenuhi parameter yang ditentukan," lanjut dia.

Dilansir dari laman Jasa Marga, memang perusahaan memiliki fitur sistem pembayaran berbasis RFID yang dinamakan Let It Flo. Saat ini, sudah ada 60 gerbang tol yang dapat diakses menggunakan sistem dimaksud.

Baca juga: Sentra Otomotif Masih Lesu di Awal Tahun 2024

Aplikasi Flo atau Let It Flo yang lagi viral karena bikin pengemudi bisa bayar tol tanpa berhenti.KKOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Aplikasi Flo atau Let It Flo yang lagi viral karena bikin pengemudi bisa bayar tol tanpa berhenti.K

RFID adalah teknologi untuk mengidentifikasi objek, terdiri dari chip yang bekerja dengan pancaran gelombang frekuensi radio untuk membaca alat yang bermuatan elektromagnetik.

Tujuannya mempermudah identifikasi kendaraan di beberapa sektor. Seperti informasi berupa data kendaraan pribadi dan data penindakan bukti pelanggaran.

Chip ini membutuhkan dua perangkat agar bisa mengidentifikasi objek. Yaitu perangkat pembaca atau pemindai RFID dan label RFID atau transponder. Sederhananya, proses pengidentifikasian objek pada RFID sama seperti pemindaian barcode menggunakan scanner.

Namun, pengidentifikasian objek di RFID bisa dilakukan dari jarak yang cukup jauh.

Baca juga: Daihatsu Luxio Bergaya Alto, Tampil Elegan dan Sporty

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Drive Xperience (@drive_xperience)

Berikut cara registrasi Let It Flo:

  • Unduh aplikasi Let It Flo di Playstore.
  • Pesan stiker RFID dan pilih lokasi pengambilan stiker RFID.
  • Bawa kendaraan ke lokasi pemasangan stiker RFID sesuai dengan tanggal yang telah ditentukan.
  • Saat di lokasi pemasangan, tim teknisi Let it Flo akan membantu proses pemasangan, pengujian, dan aktivasi stiker RFID.
  • Setelah diaktivasi, pengguna dapat mulai mengisi saldo Let It Flo untuk melintasi jalan tol tanpa berhenti.

Sebagai informasi tambahan, pembelian voucher Let It Flo dapat dilakukan melalui aplikasi Flo dengan metode pembayaran LinkAja.

Saldo Let IT Flo harus selalu dicek dan diisi agar mencukupi untuk pembayaran jalan tol. Jika saldo kurang, pengguna tidak bisa melakukan pembayaran tol tanpa berhenti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com