Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Cek CCTV Lalu Lintas buat Hindari Macet Libur Natal 2023

Kompas.com - 25/12/2023, 09:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepadatan arus lalu lintas pada pekan ini mulai terjadi di sejumlah ruas tol dan non-tol, sehubungan dengan perayaan Hari Raya Natal 2023.

Supaya perjalanan tetap aman dan nyaman, pemudik perlu mengatur rencana perjalanan, jangan sampai terkena macet panjang. Untuk melakukannya, bisa memanfaatkan situs web dan aplikasi layanan live streaming kamera CCTV.

Dengan layanan ini, pengguna dapat melihat kondisi lalu lintas terkini secara online lewat layar ponsel. Setelah mengetahui kondisi terkini, nantinya dapat menentukan rute lain yang mungkin lebih lancar.

Baca juga: MPV Mewah Vellfire Menghilang dari Situs Resmi Toyota

Ilustrasi kemacetan.Dok. Shutterstock Ilustrasi kemacetan.

Sedikitnya ada lima cara untuk mengakses hal tersebut, berikut rinciannya:

1. CCTV live streaming RTTMC

Layanan CCTV live streaming untuk pantau lalu lintas bisa diakses melalui situs web Road Transport and Traffic Management Center (RTTMC) dari Kementerian Perhubungan.

Melalui situs ini, pengguna bisa memantau kemacetan secara live dari kamera CCTV di beberapa ruas jalan.

RTTMC sendiri menyediakan tayangan CCTV lalu lintas di lebih dari 30 lokasi yang menjadi titik rawan kemacetan. Pengguna bisa mengunjungi link CCTV lalu lintas ini http://rttmc.dephub.go.id/rttmc/livecctv.

Ilustrasi tayangan CCTV di website ATCS Dishub kota Bandungatcs-dishub.bandung.go.id Ilustrasi tayangan CCTV di website ATCS Dishub kota Bandung

2. CCTV live streaming ATCS Dishub

Melihat kemacetan lalu lintas momen libur Natal 2023 juga bisa dilakukan menggunakan situs Area Traffic Control System (ATCS) Dinas Perhubungan (Dishub) pada kota atau kabupaten tertentu.

Tayangan CCTV yang tersedia di situs web ATCS Dishub terbatas pada ruas jalan yang ada di satu kota atau kabupaten saja. Tiap kota atau kabupaten biasanya memiliki alamat situs web ATCS Dishub yang berbeda-beda.

Misalnya, link CCTV lalu lintas ATCS Dishub Kota Bandung bisa diakses di http://atcs-dishub.bandung.go.id/. Sementara itu, link CCTV lalu lintas ATCS Dishub Yogyakarta adalah https://dishub.jogjaprov.go.id/atcs-diy.

Fitur Travoy.Dok. PT Jasa Marga (Persero) Tbk Fitur Travoy.

3. Aplikasi Travoy

Jasa Marga menyediakan aplikasi layanan untuk memantau streaming CCTV secara online bernama Travoy. Pelancong tinggal mengunduh aplikasi Travoy yang tersedia di Play Store dan juga Apps Store.

Pada aplikasi itu, pengguna bisa langsung terhubung dengan CCTV yang terdekat dengan lokasi. Selain itu bisa mengecek keadaan jalan tol yang akan dilewati nantinya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com