Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Fasilitas Bus Mewah Bus Tingkat PO Safari Dharma Raya

Kompas.com - 09/11/2023, 20:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan otobus (PO) Safari Dharma Raya ternyata menjadi salah satu layanan bus AKAP yang punya model double decker atau bus tingkat

Bus double decker yang diberi nama Khaleesi tersebut punya tampilan yang berbeda dengan bus tingkat pada umumnya. Visual unit ini punya desain gaya Eropa, terutama pada fasia depan. Khaleesi sendiri merupakan satu-satunya bus tingkat milik PO Safari Dharma Raya

Bodi bus  dibalut oleh modelnya Patriot Double Deck buatan Karoseri Morodadi Prima di Malang, Jawa Timur. Kemudian, bagian wajah bus  menggunakan lampu model setra yang  menambah kesan mewah khas bus Eropa.  Adapun jenis sasis yang digunakan adalah  Mercedes Benz 2542.

Baca juga: Syarat dan Cara Mendapatkan Subsidi Pembelian Motor Listrik 

Bus Tingkat PO Safari Dharma RayaInstagram @marthadinata_dw Bus Tingkat PO Safari Dharma Raya

Semula, unit ini digunakan untuk melayani perjalanan dari Parung ke Jatipuro dan sebaliknya. Adapun fasilitas yang diberikan adalah layanan kelas eksekutif. 

 Terkait harga, lantaran bus ini sempat mengumkan pamit dari trayek Jakarta-Jatipuro terhitung mulai 7 Mei 2023, sehingga belum diumumkan kembali tarif terbarunya dan kapan jadwal beroperasi kembali. 

Untuk bagian kabin bus tampil dengan desain mewah dengan jumlah kursi 8 unit di dek bawah. Sementara itu pada dek atas terdiri atas 48 unit kursi penumpang. Agar penumpang lebih nyaman, bagian kabin dilengkapi dengan smoking area dan toilet pada dek bawah.

Baca juga: Kymco Kenalkan Skutik Petualang CV-L6 di EICMA 2023

 

PO Safari Dharma Raya atau OBL sendiri punya kantor pusat di Temanggung, Jawa Tengah. Setiap bus dari PO ini punya ciri khas gambar gajah pada bodi samping. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com