Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tes Lengkap Alva Cervo, dari Desain Sampai Biaya Kepemilikan

Kompas.com - 02/11/2023, 14:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Redaksi Kompas.com mendapat kesempatan mengetes Alva Cervo dalam beberapa hari. Kali ini akan dibahas kesimpulan Alva Cervo dari desain, rasa berkendara, sampai biaya kepemilikan.

Soal desain, Cervo ini bisa dibilang tak biasa karena banyak sudut-sudut tajam yang sangat menegaskan tampilannya.

Melihat dari depan, samping, sampai belakang, desain Cervo ini sangat futuristis. Lampu semua sudah LED, di depan ada DRL dan pakai 10 proyektor.

Baca juga: Hitung Biaya Kepemilikan Alva Cervo Dalam Setahun, Gratis Servis


Sisi yang paling disuka ada di belakang, ada CVT yang menyatu jadi swingarm. Jadi dari sisi kanan kelihatan pelek belakangnya yang agresif, ditambah model sepatbor yang menggantung.

Membahas spesifikasi, Cervo yang dibanderol Rp 37 jutaan ini terbilang lengkap, dari sisi performa dan fitur. Baterai yang digunakan Cervo punya kapasitas 1,8 kWh dan ada dua yang bisa dilepas dari tempatnya pada dek, atau dicas langsung ke colokan yang ada di bodi.

Soal pengecasan, berdasarkan pengetesan di rumah, bisa memakan waktu empat sampai lima jam. Berdasarkan klaim Alva, bila pakai dua baterai bisa menempuh jarak 125 Km, namun dengan berbagai syarat.

Baca juga: Video Viral Lexus LM 350 Nyamar Jadi Daihatsu Luxio

Alva CervoKOMPAS.com/ADITYO WISNU Alva Cervo

Kenyataannya, berdasarkan pengetesan dari kondisi penuh motor bisa melaju lebih dari 80 Km. Setidaknya masih cukup bisa diandalkan buat kegiatan sehari-hari.

Baterai tadi menyuplai listrik ke dinamo yang ditempatkan di tengah atau mid drive. Tenaga yang dihasilkan sebesar 9,8 kW atau sekitar 13,1 Tk. Untuk torsinya mencapai 53,5 Nm dan bisa didapatkan secara instan. Sementara kecepatan puncaknya hingga 103 Kpj.

Salah satu fitur apik adalah layar instrumen full TFT. Tampilan atau interface juga menarik, bahkan menyesuaikan gambarnya sesuai mode dan kondisi cahaya, terang atau gelap.

Alva CervoKOMPAS.com/ADITYO WISNU Alva Cervo

Untuk menunjang kenyamanan berkendara, Cervo memiliki tiga mode berkendara, Eco, Urban, dan Sport. Tiap mode pengaruh ke respons gas ketika dibuka, kecepatan puncak, dan jarak tempuh.

Fitur lain yang ditawarkan Cervo adalah sistem yang terhubung dengan telepon genggam. Nanti bisa ketahuan level baterai, sisa waktu pengecasan, sejarah perjalanan, sampai live tracking dan road assistant.

Sebelum bicara soal rasa berkendara, Cervo punya ergonomi jok yang cukup nyaman, terutama buat tubuh redaksi yang tingginya 178cm. Tangan rileks, kaki bisa diselonjorkan, jadi sangat fleksibel.

Alva CervoKOMPAS.com/ADITYO WISNU Alva Cervo

Cervo diajak melintasi jalur kemacetan untuk mengetahui handling-nya. Memakai mode berkendara Eco ternyata sudah sangat cukup dengan respons gas yang halus pada kecepatan rendah.

Seperti diketahui, kadang ada saja motor listrik yang responsnya terlalu agresif sehingga tak nyaman di kemacetan.

Cervo juga mumpuni buat dibawa ke luar kota sambil mencoba semua mode berkendara. Untuk Urban lebih cocok digunakan saat kondisi lowong karena akselerasi dan kecepatan yang bisa menyentuh 80 Kpj-90 Kpj.

Alva CervoKOMPAS.com/ADITYO WISNU Alva Cervo

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com