Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Berharap Honda Jual Freed Lagi di Indonesia

Kompas.com - 31/10/2023, 10:42 WIB
Aditya Maulana

Editor

SAPPORO, KOMPAS.com - Honda Freed sudah dihentikan penjualannya di Indonesia sejak 2015. MPV pintu geser itu tidak dijual lagi di pasar domestik lantaran tidak mendapat angka penjualan yang menggembirakan, karena konsumen di Tanah Air kurang suka dengan mobil kotak.

Padahal secara global, khususnya di Jepang Freed masih dijual bahkan tersedia pilihan mesin hybrid. Lantas, apakah ke depan PT Honda Prospect Motor (HPM) berencana menjual lagi MPV pintu geser itu di Indonesia?

Sales & Marketing and After Sales Director HPM Yusak Billy mengatakan, sampai sejauh ini perusahaan belum punya niat untuk membawa Freed ke Indonesia. Alasannya masih sama, pasar di segmen MPV pintu geser itu sangat kecil.

Baca juga: Honda Siapkan Generasi Terbaru Teknologi Sensing 360 dan Sensing Elite

"Tidak, saat ini kami belum mau menjual Freed lagi, apalagi membawa varian hybrid ke Indonesia," tutur Billy saat berbincang dengan KOMPAS.com di Sapporo, Jepang, Senin (30/10/2023).

Honda Freed Hybrid di JepangKOMPAS.com / Aditya Maulana Honda Freed Hybrid di Jepang

Billy mengakui bahwa generasi terbaru Freed yang sekarang masih dijual di Jepang bentuknya sudah jauh lebih bagus dibanding pendahulunya. Akan tetapi, menurut dia pasarnya tidak akan berubah karena sekarang ini SUV sedang berkembang pesat.

"Saya tidak mau sampai mengatakan suntik mati Freed, kalau ke depannya bisa saja. Mungkin, seperti Honda Prelude yang sudah tidak dijual, tiba-tiba sekarang ada lagi dengan teknologi terbaru, yaitu hybrid. Tapi untuk sekarang ini kami belum ada niat untuk menjual Freed lagi," ujar Billy.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com