Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Speedometer Motor Analog dan Digital, Bukan Sekadar Layar

Kompas.com - 14/09/2023, 11:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Speedometer merupakan komponen yang membaca kecepatan kendaraan. Biasanya, ada indikator lain yang juga ada di dalam speedometer, seperti sisa bensin, putaran mesin, sampai odometer.

Secara sederhana, speedometer terbagi jadi dua, analog dan digital. Namun, ada salah kaprah tentang arti dari kedua model penunjuk kecepatan tersebut.

Banyak yang bilang, kalau speedometer sudah pakai layar LCD, berarti dia digital. Padahal, anggapan tersebut tidak benar karena yang model jarum pun sudah ada yang digital.

Baca juga: Salah Kaprah Speedometer Motor Sunburn karena Parkir di Tempat Panas

Bedanya speedometer motor digital dan analogKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Bedanya speedometer motor digital dan analog

Anton Suriyadi, Pemilik bengkel Service Speedometer di kawasan Ciracas mengatakan, untuk speedometer digital, artinya untuk membaca kecepatan, sisa bensin, sampai putaran mesin menggunakan sensor.

"Digital itu menggunakan sensor, terutama listrik atau setrum. Input tetap dari sensor membacanya, baik pergerakan bensin, speed, dan RPM," kata Anton kepada Kompas.com, Selasa (12/9/2023).

Anton menjelaskan, makanya untuk speedometer digital juga ada yang pakai jarum. Bukan soal bentuk speedometernya seperti apa, tapi komponen yang membacanya yang membedakan antara digital dan analog.

Baca juga: Video Viral Seorang Ibu Isi BBM Honda BeAT Pakai Pertamax Turbo

Bedanya speedometer motor digital dan analogKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Bedanya speedometer motor digital dan analog

"Kalau analog, di dalamnya itu masih mekanikal. Artinya digerakan sama gigi (di roda) jadi menghasilkan jarum bergerak, dikalibrasi dengan per di dalam speedometer. Makanya menggunakan sling (tali) dan roda.

Perbedaan kedua speedometer ini bisa dengan mudah dilihat. Kalau digital, isinya semua komponen elektronik, pakai Printed Circuit Board.

Sedangkan untuk speedometer analog, tidak ada komponen elektronik, kecuali untuk indikator bensin. Biasanya ada alat besar yang kalau diputar, dia menggerakkan jarum di speedometer.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com