Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesalahan Pemula Saat Mengoperasikan Motor Listrik

Kompas.com - 20/08/2023, 11:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Dinamo merupakan penggerak utama motor listrik menggantikan mesin pada motor konvensional.

Dinamo bekerja dengan prinsip mengubah daya listrik menjadi energi gerak sebagaimana teori dasar dalam ilmu fisika. Bahwa ada tiga unsur yang saling berkaitan dalam ilmu elektromagnetik yakni, magnet, listrik dan gaya.

Gaya tersebut yang dimanfaatkan oleh para ahli untuk menggerakkan motor listrik. Nah, ternyata ada beberapa kesalahan bagi pengguna dalam mengoperasikan motor listrik yang dapat merusak dinamo tersebut.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Motor Listrik Mudah Rusak jika Jarang Dipakai?

Test ride motor listrik Yadea E8S ProKOMPAS.com/ADITYO WISNU Test ride motor listrik Yadea E8S Pro

Rudy, Teknisi motor listrik U-Winfly mengatakan ada beberapa kekeliruan pengguna motor listrik yang dapat merusak dinamo.

“Pengguna motor listrik jangan memainkan tuas gas dengan asal-asalan seperti menggeber-geber tidak beraturan, hal itu akan membuat dinamo mengalami kerusakan,” ucap Rudy kepada Kompas.com, Selasa (8/8/2023).

Rudy mengatakan ketika tuas gas motor listrik dimainkan tidak beraturan seperti itu maka controller akan mendapatkan perintah untuk mengatur banyak sedikitnya arus listrik yang masuk ke dinamo.

Baca juga: Bukan Soal Dana, Ini Alasan Konsumen Enggan Beli Motor Listrik

Honda Vario 150 disulap menjadi motor listrik konversi, adopsi monoshock dan penggerak Hub-driveKompas.com/Daafa Alhaqqy Honda Vario 150 disulap menjadi motor listrik konversi, adopsi monoshock dan penggerak Hub-drive

Sebelum sampai ke dinamo, maka arus listrik tersebut akan diolah oleh sebuah sensor dengan demikian putaran dinamo akan sesuai permintaan pengendara.

“Sensor dinamo ini yang biasanya rusak bila pengendara memainkan tuas gas asal-asalan, harga onderdilnya memang murah, tapi sebaiknya dihindari demi menjaga performa motor listrik,” ucap Rudy.

Sensor dinamo ada banyak di pasaran, hanya saja penggantiannya sebaiknya mengandalkan pihak bengkel resmi karena berhubungan dengan standar pemasangan dan kualitasnya.

Baca juga: Komentar Masyarakat Usai Tes Motor Listrik di GIIAS 2023

“Murah sih sekitar Rp 100.000-an, tergantung jenis motor listriknya juga,” ucap Rudy.

Jadi, sebagai pengguna motor listrik bila menginginkan dinamonya awet maka perlu membiasakan diri untuk memainkan tuas gas secara halus dan berirama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com