Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta, Motor Listrik Mudah Rusak jika Jarang Dipakai?

Kompas.com - 19/08/2023, 12:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Sepeda motor konvensional akan mengalami banyak kerusakan bila sampai tidak digunakan dalam jangka waktu lama. Mulai aki tekor, sampai masalah pada kompresi sehingga kendaraan bisa mogok.

Muncul anggapan bahwa motor listrik juga akan mengalami hal serupa bila sampai lama tidak digunakan. Berhubung motor listrik adalah produk baru, maka muncul kekhawatiran terkait solusi yang harus dilakukan.

Simak penjelasan lengkapnya dari para ahli berikut! 

Baca juga: Promo Kredit Motor Listrik di GIIAS 2023, DP Mulai Rp 750.000

Pengunjung mencoba motor listrik Alva Cervo di GIIASKompas.com/Daafa Alhaqqy Pengunjung mencoba motor listrik Alva Cervo di GIIAS

Chief Marketing Officer Alva Putu Yuda yang kerap disapa Adit mengatakan bila motor listrik lama tidak digunakan, maka lambat laun daya baterainya akan berkurang.

“Akan terjadi pengurangan daya baterai secara perlahan dengan konsumsi yang sangat minimal, sehingga bila memang unit jarang dipakai penting untuk mengontrol kapasitas baterainya,” ucap Adit kepada Kompas.com, Rabu (16/8/2023).

Adit mengatakan konsumen bisa memanfaatkan indikator baterai yang ada pada motor listrik, seperti yang ada pada motor Alva one dan Alva Cervo.

Baca juga: Motor Listrik Honda EM1 e: Diklaim Sudah Banyak Dipesan

Motor listrik murah ditawarkan oleh U-WinflyKompas.com/Erwin Setiawan Motor listrik murah ditawarkan oleh U-Winfly

Menurut Adit agar motor listrik awet maka daya baterainya harus selalu terjaga minimal tidak sampai menyentuh angka 0 persen.

“Jika sampai 0 persen maka motor listrik tidak akan mampu hidup sama sekali, namun konsumen tidak perlu khawatir karena masih bisa dicas dari rumah, dengan alat charger yang tersedia,” ucap Adit.

Rudy, Teknisi U-Winfly mengatakan bila sampai daya baterai habis total, maka motor listrik akan mogok meski sudah dicas tidak akan bisa.

Baca juga: Bukan Soal Dana, Ini Alasan Konsumen Enggan Beli Motor Listrik

Motor listrik Segway N100 di GIIAS 2023, tampilan mirip Honda EM1 e:Kompas.com/Daafa Alhaqqy Motor listrik Segway N100 di GIIAS 2023, tampilan mirip Honda EM1 e:

“Konsumen harus membawa unit motor listrik U-Winfly ke bengkel untuk dilakukan pengecasan secara manual, karena bila level baterai mencapai 0 persen maka dicas menggunakan charger biasa tidak akan bisa,” ucap Rudy kepada Kompas.com, Jumat (18/8/2023).

Rudy mengatakan untuk mengantisipasi kejadian seperti itu maka diperlukan langkah khusus yakni memotong arus listrik dari baterai menuju rangkaian motor.

Ada saklar atau sekring yang berujud MCB di bawah jok motor. Benda tersebut akan membantu pengguna ketika motor listrik akan tidak digunakan dalam waktu lama.

Baca juga: Komentar Masyarakat Usai Tes Motor Listrik di GIIAS 2023

Area sakelar motor listrik berada di bawah jok ketika dibuka, tidak boleh terkena airKompas.com/Erwin Setiawan Area sakelar motor listrik berada di bawah jok ketika dibuka, tidak boleh terkena air

“Misal mau pergi keluar kota, maka sebelum berangkat pastikan baterai motor listrik sudah terisi penuh, setelah itu saklar di bawah jok bisa diposisikan off agar listrik tidak mengalir ke rangkaian lain,” ucap Rudy.

Dengan cara seperti itu menurut Rudy baterai motor listrik akan lebih awet dan terhindar dari mogok.

Secara teknis, masalah yang akan terjadi ketika motor listrik jarang dipakai hanya berdampak pada baterainya sedangkan komponen lain tidak akan bermasalah menurut Rudy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com