Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Review Lengkap Omoda 5 Tipe Terendah, Desain sampai Biaya Kepemilikan

Kompas.com - 22/07/2023, 12:22 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Chery Omoda 5 hadir dengan dua tipe, yakni Z dan RZ. Secara fisik, tampilan eksterior keduanya nyaris tak ada perbedaan meski dari harga terpaut hingga Rp 70 juta.

Omoda tipe Z yang jadi versi terendah tetap memiliki aura futuristik dengan desain dan siluet tajam melalui konsep Art of Motion.

Tak ada perbedaan dari fascia depan dengan versi RZ, sistem penerangan juga masih menggunakan LED termasuk DRL. Hanya saja memang tanpa ada sequential dan welcome light.

Selain absennya sunroof, tampilan pelek Omoda 5 Z juga terlihat lebih monoton dengan permainan satu warna gelap saja tampa sentuhan kelir lain.

Baca juga: Rincian Biaya Servis Berkala Omoda 5 Z, Mahal atau Murah?

 

Namun dari dimensi tak berbeda, sama-sama mengusung 18 inci yang membuat sektor kaki-kaki terlihat padat dan punya ground clearance yang memadai.

Chery Omoda 5 Tipe ZKOMPAS.com/STANLY RAVEL Chery Omoda 5 Tipe Z

Dari segi dimensi juga tak ada yang berbeda dengan panjang 4.400 mm, lebar 1.840 mm, tinggi 1.588 mm, dan wheelbase 2.630 mm.

Paling menarik, Chery tetap memberikan fitur remote window operation dan engine start with cooling activation pada remote Omoda 5 tipe terendah. Alhasil, pengendara bisa menghidupkan mobil dan mendinginkan kabin tanpa harus masuk lebih dulu.

Beralih ke interior, sekilas memang tak ada perbedaan dan segi tata letak dari desainnya. Tapi lantaran hadir sebagai varian terendah, tentu bicara soal kelengkapan dan fitur tak sebaik versi RZ.

Paling terasa dari balutan jok yang tak menggunakan lapisan sintetis serta ventilated seat. Setelah itu, pengaturan posisi duduk juga masih manual.

Tapi apakah mempengaruhi sisi kenyamanan saat mengendarainya, untuk redaksi jawabannya tidak. Karena meski manual pengendara masih bisa dengan fleksibel mengatur posisi senyaman yang diinginkan, apalagi memang dasbor depan dibuat layaknya kokpit yang sangat ergonomis.

Baca juga: Bocoran Harga Toyota Alphard Generasi Terbaru, Ada Varian Hybrid

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com