Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Impresi Berkendara Omoda 5 Z, Tak Kalah Menarik dari Versi Termahal

Kompas.com - 20/07/2023, 15:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Hadir sebagai pendatang baru di Indonesia, Omoda 5 yang dibawa Chery Sales Indonesia (CSI) tak sekadar menyajikan tampilan futuristik dan fitur berlimpah.

Bagi yang menanyakan soal performa, mesin yang digunakan masih cukup menjanjikan, lantaran baik untuk varian tinggi dan rendah Chery Omoda 5 sama-sama mengaplikasi mesin turbo berkapasitas 1.500 cc.

Dari data di atas kertas, dapur pacu tersebut mampu memproduksi tenaga maksimal hingga 145 Tk dan torsi 230 Nm ke penggerak roda depan melalui sistem transmisi CVT 9 percepatan.

Ketika redaksi beberapa waktu lalu sempat kencan singkat dengan Omoda 5 tipe Z yang jadi varian terendah, dari sisi sensasi berkendara ternyata tak berbeda dari versi tertinggi.

Baca juga: Kupas Luar Dalam Omoda 5 Z, Tetap Mewah meski Tipe Terendah

Chery Omoda 5 Tipe ZKOMPAS.com/Adityo Wisnu Chery Omoda 5 Tipe Z

Ketika mesin dihidupkan, bisa dibilang suaranya sangat halus. Bahkan ketika di dalam kabin juga sangat terasa senyap.

Tak butuh waktu lama, saat tuas transmisi di geser ke posisi D dan pedal rem dilepas, berlahan mobil pun mulai bergerak. Untuk merasakan performanya, sengaja redaksi mencari jalan yang lenggang di malam hari.

Putaran bawah ketika pedal gas di tekan habis alias kick down, tergolong responsif. Hal ini tentu tak lepas dari peran torsi yang besar ditambah turbo untuk memaksimalkan performanya.

Sementara untuk tarikan atas, meski tak merasakan secara optimal mengingat lintasan yang digunakan merupakan jalur umum, tapi dari putaran tengah sudah terasa Omoda 5 punya tenaga yang tak bisa dianggap enteng.

Baca juga: Alasan Hyundai Mengganti Stargazer Varian Trend dengan Essential

Pengendara juga bisa memaksimalkan performa dengan memilih mode sport yang membuat tarikan mesin terasa jauh lebih responsif.

Chery Omoda 5 Tipe ZKOMPAS.com/STANLY RAVEL Chery Omoda 5 Tipe Z

 

Sedangkan untuk pemakaian harian yang cenderung di dalam kota, mode Eco menjadi pilihan yang paling tepat.

Tak hanya tenaga, handling yang dihasilkan juga cukup baik berkat pengaturan suspensi yang memang memiliki karakter sedikit keras. Hampir tak terasa adanya gejala body roll saat Omoda 5 diajak bermanuver di jalur berkelok.

Sayangnya, Chery tak langsung melengkapi Omoda 5 tipe Z dengan paddle shift. Padahal dengan hadirnya fitur tersebut menjadi salah satu yang dapat menambah efek fun to drive.

Bila dibandingkan kompetitor terdekat, tenaga dan torsi Chery Omoda 5 memang tak sebesar Honda HR-V Turbo yang memiliki kapasitas mesin yang sama. Tapi saat disandingkan HR-V konvensional, jelas lebih unggul.

Baca juga: Avanza-Veloz Kuasai Pasar LMPV, Stargazer Geser Ertiga

Karena meski mesin tak sebanding, tapi melihat dari posisi harga Omoda 5 tipe Z yang dipasarkan hanya Rp 334,8 juta, masih jauh lebih murah dari Honda HR-V S CVT yang jadi versi terendah dengan banderol Rp 375,9 juta.

Chery Omoda 5 Tipe ZKOMPAS.com/Adityo Wisnu Chery Omoda 5 Tipe Z

Hal ini menjadi daya tarik tersendiri, karena meski Omoda 5 Z menjadi varian terendah, tapi Chery tak memangkas habis semua fiturnya. Teknologi ADAS yang menyajikan 12 fitur keselamatan aktif masih tersemat, termasuk beberapa fitur modern lainnya.

Sedangkan untuk konsumsi bahan bakar, selama pemakaian 3 hari melewati jalan arteri tanpa tol, pada MID tercatat 12,1 kpl. Sementara ketika melewati tol lintas kota, rata-rata berada di 13,4 kpl dengan gaya berkendara santai dan mode Eco.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com