Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral Honda Astrea Bisa Berenang di Air

Kompas.com - 20/06/2023, 16:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Umumnya mesin sepeda motor akan mati kalau menerabas genangan air yang tinggi. Namun sebuah video di TikTok yang viral memperlihatkan motor bisa terabas air yang dalam.

Dalam video yang diunggah akun TikTok sengayutakkomen, terlihat motor yang ditengarai Honda Astrea Star atau Prima itu melewati air dalam hingga berada di bawah batok setang.

Padahal jika kondisi biasa dipastikan motor akan mati sebab busi terendam air.

Baca juga: Belajar dari Kasus Pemukulan Oleh Oknum TNI, Lebih Baik Mengalah di Jalan Raya

Sampai dengan Selasa, (20/6/2023), video tersebut sudah diputar lebih dari 430.000 kali dengan jumlah penyuka 16.000-an kemudian dikomentari sebanyak 582 orang.

@sengayutakkomen astrea legend #fyp#pyp ? suara asli - NUAIMAN

 

Menariknya dalam postingan tersebut banyak yang memuji Astrea sebagai motor yang tangguh. Hanya ada segelintir yang sanksi bahwa video tersebut rekayasa sebab motor bisa terabas air sedalam itu.

Namun kalau diperhatikan bayangan di air maka terlihat motor yang jalan. Kemudian dari intensitas derai air di batok setang terlihat frekwensi air yang berbeda saat motor jalan.

Terlepas dari video viral tersebut, tidak pernah disarankan motor menerjang air sebab banyak ruginya.

Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere, Ribut Wahyudi mengatakan, menerabas air bisa membuat air masuk ke dalam mesin. Jika oli tercampur air, oli akan berwarna putih susu, jika itu terjadi wajib dilakukan pengurasan oli.

Jika oli tercampur air, pelumasan tidak sempurna karena adanya kandungan air.

Ilustrasi penggantian oli motorm.louis.eu Ilustrasi penggantian oli motor

Dalam kondisi darurat, kata Ribut, salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mengeluarkan air dari knalpot adalah dengan mengangkat ban depan hingga motor tegak, sehingga air keluar lewat lubang buang knalpot.

"Jangan paksa nyalakan mesin, untuk menghindari water hammer," ujar Ribut kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Jangan Sembarangan Isi Minyak Rem Mobil, Bisa Fatal Akibatnya

Water hammer adalah kondisi di mana air masuk ke dalam mesin atau ruang pembakaran, sehingga komponen mesin yang lain bisa terancam rusak.

Pemilik kendaraan yang memiliki pengetahuan lebih tentang mesin kendaraan juga bisa melakukan pengecekan sendiri. Namun untuk menghindari kerusakkan berlebih, sebaiknya bawa motor ke bengkel terdekat agar dilakukan pemeriksaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com