Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Kerja Voltage Stabilizer yang Diklaim Bikin Mobil Irit BBM

Kompas.com - 10/06/2023, 16:22 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Voltage stabilizer atau penstabil listrik merupakan satu komponen aftermarket yang berfungsi menjaga tegangan kelistrikan pada kendaraan. Efeknya, usia penggunaan aki jadi lebih panjang dan konsumsi BBM menurun.

Hurricane Indonesia lewat lini Xtreme Charging System (XCS), mengklaim produknya mampu memperpanjang usia aki hingga dua kali lipat dan meningkatkan efisiensi BBM sebanyak 30 persen.

Hal itu disamapikan Jimmy Bachtiar, Pemilik merek Hurricane Indonesia. Menurutnya, aksesori voltage stabilizer sangat bermanfaat untuk mobil-mobil lansiran terbaru.

“Karena mobil-mobil terbaru saat ini, penggunaan komponen kelistrikannya sangat berat sekali. Mulai dari komponen luar sampai dalam, hampir semuanya berjenis elektronik. Beda dengan mobil-mobil lama yang masih mekanik,” ucapnya kepada Kompas.com di Serpong, Sabtu (10/6/2023).

Baca juga: United E-Motor Siap Tampilkan Produk Unggulan di Jakarta Fair 2023

Voltage stabilizer dari HurricaneKOMPAS.com/daafa Voltage stabilizer dari Hurricane

Dia menjelaskan, XCS merupakan akesori plug and play yang disambungkan langsung ke aki kendaraan. Nantinya, komponen ini akan bantu menyelaraskan sebaran arus listrik dan mencegah overcharge atau overdischarge.

Arus listrik yang stabil memiliki banyak manfaat, mulai dari memperpanjang usia aki, meningkatkan kualitas pendinginan air conditioner (AC), dan menghilangkan jeda akselerasi yang berdampak pada konsumsi BBM.

“Berdasarkan perhitungan kami, efisiensi BBM konsumen yang menggunakan Hurricane XCS meningkat sebanyak 30 persen. Memang angka itu tentatif dan tergantung jenis mobil, tapi pastinya ada peningkatan efisiensi,” kata dia.

Hurricane sendiri menawarkan produk voltage stabilizer untuk mobil dan motor dengan rentang harga yang bervariasi, mulai dari Rp 500.000 hingga Rp 15 Juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com