Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek Kondisi Mobil Seken Cukup Lihat Tutup Radiatornya, Benarkah?

Kompas.com - 05/06/2023, 16:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Membeli mobil bekas memang gampang-gampang susah. Ada beberapa komponen yang perlu dicek pada kendaraan, salah satunya di bagian pendinginan atau radiator.

Radiator punya peran penting menjaga mesin tetap berada di suhu kerja yang optimum. Jika radiator alami kerusakan, mesin bisa kepanasan yang berakibat masalah lebih besar, bahkan sampai turun mesin.

Pada video TikTok yang diunggah akun Mekanik KW, diberi informasi cara untuk mengecek mobil bekas lewat tutup radiator. Dijelaskan kalau saat cek mobil bekas, jangan minta hidupkan mesinnya dahulu, tapi buka tutup radiatornya.

Baca juga: Dilema Mobil Bekas Eropa, Harga Murah Tapi Suku Cadang Belum Tentu

@mekanikkw ini saya jelasin lagi yaa, jangan sampai ada yg salah ????. btw ini tutor untuk beli mobil seken, bukan beli mobil baru ???????? #mobilextaxi #showroom #fyp #fyp? #mekanikkw #viral ? suara asli - Mekanik KW

 

"Cek, kalau kondisinya berkarat seperti ini (di bagian tutup dan mulut radiator) itu fix kalau menurut saya lebih bagus dihindari. Kalau sudah berkarat pasti dalamnya sudah begini (berkarat), ini water jacket pada korosi, tandanya dari tutup radiator saja," ucapnya dalam video tersebut, dikutip Kompas.com, Senin (5/6/2023).

Menanggapi video tersebut, Kepala Bengkel Auto2000 Pramuka Suparna mengatakan, tips yang diberikan tersebut memang tidak salah, tapi nanti akan lebih sulit ketika mencari mobil bekas.

"Kenapa itu berkarat, karena cairan pendingin yang dipakai hanya air, tidak pakai coolant yang direkomendasikan," ucap Suparna kepada Kompas.com, Senin (5/6/2023).

Baca juga: Kerap Dianggap Lemah di Tanjakan, Ini Alasan Avanza Pakai Penggerak Roda Depan

Lubang radiator yang pipih mudah tersumbat oleh kotoran korosiTangkapan layar Lubang radiator yang pipih mudah tersumbat oleh kotoran korosi

Kemudian, mengenai karat tersebut jadi alasan utama batal beli mobil bekas sebenarnya tergantung kata Suparna. Misal, kondisi mobil masih muda, jarak tempuh masih sedikit, kalau ada karat sedikit ya tidak masalah.

"Itunya (tutup radiator) berkarat, tapi enggak ada gejala overheat dan harganya cocok, tetap saya beli. Itu ada karat sedikit tapi belum terjadi kerusakan yang parah, bisa ditangani dengan dikuras, diganti dengan coolant dan akan hilang," kata Suparna.

Tapi, kalau usia mobilnya sudah tua, radiatornya juga sudah kelihatan usang, bisa jadi itu perlu dihindari. Tapi kalau masih muda, masih ada pertimbangan lain yang lebih penting daripada tutup radiator.

"Kalau lebih aman, bisa cek ke bengkel Auto2000 boleh. Nanti minta dilakukan pengecekan kebocoran air, saat dipompa nanti ketahuan terjadi kebocoran atau tidak," kata Suparna.

Jadi, misalnya tidak terjadi kebocoran tapi berkarat, sebenarnya masih aman untuk saat ini. Tapi selanjutnya, jangan lagi isi radiatornya pakai air, tapi harus dengan cairan pendingin khusus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com