Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerap Dianggap Lemah di Tanjakan, Ini Alasan Avanza Pakai Penggerak Roda Depan

Kompas.com - 04/06/2023, 15:41 WIB
Erwin Setiawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil dengan penggerak roda depan atau front wheel drive (FWD) dianggap memiliki kelemahan saat menanjak. Hal ini sudah menjadi pemahaman yang sangat logis, dan tidak bisa dipungkiri adanya.

Hal itu bisa terjadi lantaran ketika mobil menanjak, tumpuan mobil terpusat pada ban bagian belakang dampak dari gaya gravitasi bumi.

Akibatnya, ketika mobil digerakkan oleh ban depan cenderung mengalami selip karena roda depan tidak menapak dengan sekuat ban belakang.

Kendati demikian, mobil FWD memiliki keunggulan lain sehingga mobil-mobil baru mengadopsinya. Seperti yang terjadi pada All New Avanza, kini sudah menggunakan penggerak depan.

Baca juga: Estimasi Biaya Perbaikan AC Toyota Avanza

Toyota All New Avanza Nasmoco Toyota All New Avanza

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan, ada beberapa keunggulan dari mobil dengan penggerak roda depan. Salah satunya yakni lebih efisien dibanding mobil penggerak roda belakang.

"Dengan konstruksi yang sederhana, maka mobil penggerak roda depan tidak perlu kopel atau propeller shaft yang menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang," ucap Didi dikutip dari Kompas.com, Minggu (4/6/2023).

Penggunaan konstruksi yang lebih sederhana, mobil dengan penggerak roda depan mempunyai kelebihan memiliki bobot lebih ringan. Dengan begitu, kinerja mesin menjadi lebih ringan dan lebih efisien.

Baca juga: Video Toyota Avanza Tabrak Minibus Akibat Understeer dan Oversteer

Toyota AvanzaToyota Toyota Avanza

Didi menjelaskan, mobil yang menggunakan penggerak roda belakang biasanya akan ada tenaga yang sedikit terbuang karena adanya propeller shaft yang menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang. Efeknya, tenaga yang disalurkan ke dua roda depan akan terasa lebih instan.

Selain kinerja mesin yang lebih efisien, mobil dengan penggerak roda depan yang tidak menggunakan propeller shaft, untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang akan membuat dek mobil bagian tengah lebih rata. Sehingga, ruang kabin akan terasa lebih lega.

"Biasanya kalau mobil penggerak roda depan itu dek tengah di bagian penumpang itu bisa rata. Karena tidak ada rumah propeller shaft yang membuat adanya gundukan di bagian bawah kabin" ucap Didi.

Baca juga: Banyak Dicari, Harga Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia Lawas Naik

Didi mengatakan, pada mobil penggerak roda depan meskipun ada gundukan hanya sedikit dan tidak terlalu tinggi untuk kekuatan sasis mobil.

Menyinggung masalah konsumsi bahan bakar, Didi juga mengatakan bahwa mobil FWD seharusnya memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih irit dibandingkan mobil RWD.

"Kalau bobotnya ringan dan mesin mumpuni kan seharusnya konsumsi bahan bakar juga akan lebih efisien" katanya.

Baca juga: Pasar Turun 34 Persen, Avanza Masih Pimpin Segmen LMPV April 2023

Selain itu, pemilik mobil FWD juga akan menanggung biaya perawatan yang lebih murah dibandingkan mobil RWD. Hal ini dikarenakan mobil FWD tidak perlu mengeluarkan biaya untuk perawatan propeller shaft dan juga gardan.

"Secara perawatan juga bisa lebih murah, karena penggerak roda belakang itu kan juga butuh oli gardan. Kalau FWD kan hanya oli transmisi karena gardannya gabung sama transmisi yang disebut dengan transaxle," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com