Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Jadwal dan Lokasi SIM Keliling di Jakarta Hari Ini

Kompas.com - 30/05/2023, 06:32 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Surat Izin Mengemudi (SIM) wajib untuk terus aktif masa berlakunya. Untuk melakukan perpanjangan masa berlaku SIM, bisa juga memanfaatkan layanan SIM keliling.

Dikutip dari ntmcpolri.info, Selasa (30/5/2023), fasilitas SIM keliling hanya melayani perpanjangan masa berlaku SIM mulai pukul 08.00 WIB sampai 12.00 WIB.

Baca juga: Ingat, Masa Berlaku SIM Bukan Berdasarkan Tanggal Lahir Lagi

Sesuai dengan PP Nomor 60 Tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak, biaya perpanjangan SIM adalah Rp 80.000 untuk SIM A. Sementara untuk SIM C, biayanya Rp 75.000.

Dua unit layanan SIM bus keliling di depan kantor Satpas DIY- Dua unit layanan SIM bus keliling di depan kantor Satpas DIY

Sebelum datang ke lokasi SIM keliling, pemilik SIM diwajibkan juga untuk membawa beberapa dokumen, yakni fotokopi KTP, fotokopi SIM lama, SIM asli, bukti cek kesehatan, dan bukti tes psikologi.

Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) menyebutkan bahwa SIM menjadi salah satu syarat mutlak bagi setiap pengguna kendaraan bermotor di jalan.

Baca juga: Bocoran Teknik Ujian Praktik SIM C, Latihan Dulu Sebelum Ujian

Sesuai dengan Pasal 288 ayat 2 UU LLAJ, pengendara yang tidak dapat menunjukkan SIM yang sah, maka dapat dipidana dengan kurungan paling lama satu bulan dan atau denda paling banyak Rp 250.000.

Layanan SIM keliling di IIMS Hybrid 2022, Senin (4/4/2022)KOMPAS.com/Serafina Ophelia Layanan SIM keliling di IIMS Hybrid 2022, Senin (4/4/2022)

Berikut ini lokasi SIM keliling di Jakarta hari ini, Selasa (30/5/2023):
- Jakarta Timur: Mall Grand Cakung
- Jakarta Selatan: Kampus Trilogi Kalibata
- Jakarta Barat: LTC Glodok dan Mall Citraland
- Jakarta Pusat: Kantor Pos Lapangan Banteng

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com