Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral CVT Honda PCX 160 Jebol, Ini Penjelasannya

Kompas.com - 29/05/2023, 17:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, video viral beredar di media sosial yang memperlihatkan CVT Honda PCX 160 mengalami kerusakan. Tak sedikit netizen yang berspekulasi apa penyebabnya.

Banyak netizen yang berkomentar pada video yang diunggah oleh akun Instagram @jagorawi.id bahwa kerusakan tersebut diakibatkan kesalahan dari pengendara.

Baca juga: Recall PCX 160 Bukan yang Pertama, AHM Juga Pernah Tarik PCX 150

Tak sedikit juga yang menyebutkan bahwa penyebabnya adalah motor digas, tapi dengan kondisi rem belakang ditahan. Sehingga, komponen di dalam CVT hancur atau rusak.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Jagorawi ID (@jagorawi.id)

Bachtiar Kemal Harahap, pemilik bengkel LD Garage, mengatakan, kondisi tersebut dipastikan karena motor mengalami overheat. Kemungkinan bisa karena pengendara yang tidak biasa menggunakan matik.

"Biasanya, begitu tangan kanan buka gas, tapi tangan kiri menempel di tuas rem. Bisa juga memang kondisi jalan yang menanjak ekstrem," ujar Kemal, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Recall Honda ADV 160 dan PCX 160 karena Ada Masalah di Sektor CVT

Kemal menambahkan, kalau kondisi motor seperti yang terlihat di video, dia yakin seratus persen karena kesalahan dari pengendaranya.

Kampas kopling ganda Honda PCX 160Dok. hondacengkareng.com Kampas kopling ganda Honda PCX 160

"Kalau dari bahan komponennya tidak mungkin, karena Honda punya hitungan sendiri untuk daya tahan suku cadangnya," kata Kemal.

Kemal menambahkan, di bengkelnya pernah terjadi juga kejadian serupa. Tapi, tidak pernah sampai ekstrem seperti di video tersebut.

Kemal mengatakan, komponen yang hancur duluan biasanya adalah kampas kopling ganda. Tapi, tidak langsung hancur juga, melainkan bertahap.

Video viral Honda PCX 160 mengalami kerusakan parah di bagian CVTDok. @jagorawi.id Video viral Honda PCX 160 mengalami kerusakan parah di bagian CVT

"Karena bahan dasarnya aluminium, bukan besi. Mangkok ganda baru besi, pasti kuat," ujarnya.

Sementara itu, Reza Rezdie Shahertian, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan, pihaknya perlu mendapatkan informasi lebih dalam untuk kebutuhan analisis, seperti kronologi kejadiannya, gejala yang timbul sebelum kejadian, dan lainnya.

"Kami sarankan jika ada keluhan segera bawa ke AHASS untuk pemeriksaan lebih lanjut," ujar Reza.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com