Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Mengapa Harga Pikap Mitsubishi L300 Seken Bertahan Tinggi

Kompas.com - 29/05/2023, 08:22 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


YOGYAKARTA, KOMPAS.com- Persaingan penjualan mobil pikap tidak bisa terlepas dari kegiatan perekonomian nasional, salah satunya yaitu Mitsubishi L300.

Uniknya, segmen kendaraan tersebut juga punya pasar dan peminat relatif tidak sedikit di Tanah Air, sehingga pada saat dijual tidak akan banting harga.

Amin Tohari, sekretaris AE Reog Ponorogo, komunitas pecinta Mitsubishi L300, mengatakan, umumnya jual beli mobil seken memang sangat beresiko akan ditawar murah oleh pasar.

Sehingga harga beli dan harga jual dari kendaraan tersebut biasanya jomplang. Namun, hal tersebut tidak berlaku pada segmen pasar mobil pikap, terutama Mitsubishi L300 seken.

Baca juga: TVS Motor Buka Diler Terbaru di Surabaya

“Kalau L300 tidak tergantung tahun untuk nilai jual. Kendati masih tahun tua, tetapi kalau masih bagus harganya bisa mahal. Harga pikap L300 tetap stabil. Waktu saya beli Rp 140 juta - Rp 145 juta pada 2012, lalu pada tahun 2022 ditawar Rp130.000. Turunnya tidak terlalu banyak, tidak terlalu jatuh,” kata Amin di sela-sela acara Kopdarnas Mitsubishi L300 Yogyakarta kepada Kompas.com, Minggu (28/5/2023). 

Deretan mobil pikap Mitsubishi L300KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Deretan mobil pikap Mitsubishi L300

Nilai jual kembali kendaraan niaga, terutama segmen pikap menurut Amin berbeda dengan kendaraan penumpang.

Kendati mobil pikap telah lama digunakan oleh pemilik sebelumnya, bahkan sudah ada generasi terbaru, karena tingginya kebutuhan pasar akan kendaran tersebut membuat pemilik pikap tidak rugi.

“Kalau mobil penumpang dibawa pulang sudah rugi. Hari ini beli sekian, besok begitu dijual kembali akan sangat murah,” kata Amin.

Baca juga: Ganti Filter Solar, Tidak Perlu Menunggu Indikator Menyala

Pada acara yang sama, Harjono salah satu anggota Jogja El300 Community (JEC) yang bergelut di dunia jual beli mobil pikap bekas mengatakan. pada periode 2016-2018 hingga saat ini, pasar mobil L300 seken dinilai masih cukup bagus.

Hal tersebut seiring perkembangan bisnis logistik, sehingga pasar mobil niaga ringan Mitsubishi L300 makin moncer. Bahkan saat pandemi Covid-19 saat mobil pribadi tidak laku, penjualan L300 justru naik tajam.

“Sebagai contoh, L300 keluaran tahun 2002 pernah dapat harga Rp75 juta. Mobil itu sempat dipakai untuk usaha selama hampir 7 tahun. Pada 2018 dia jual lagi mobil itu dan masih laku Rp76 juta," kata Harjono.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com