Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chris John Siap Balapan di Asia Cross Country Rally 2023

Kompas.com - 27/05/2023, 09:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Asia Cross Country Rally (AXCR) 2023 akan diramaikan juga oleh beberapa peserta dari Indonesia. Salah satunya adalah petinju legendaris Indonesia, yakni Chris John.

Chris John bergabung dengan tim DExC Racing Indonesia bersama Dendi Adisuryo dan Edo Taka. Tim ini akan melibas rintangan dari Thailand menuju Laos.

Dendi mengatakan, ini merupakan kali pertama dirinya mengikuti ajang AXCR. Pengalaman pertama juga untuk Edo, sang navigator, dan tentunya pengalaman pertama dan akan jadi memori yang sangat mengesankan untuk Co-Driver, Chris John.

Baca juga: Mitsubishi Triton Sukses Selesaikan AXCR Tanpa Masalah

"Sebuah kesempatan yang sangat luar biasa bagi kami dapat terjun di ajang balap reli terbesar di Asia, AXCR 2023," ujar Dendi, kepada Kompas.com, belum lama ini.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by DExC Racing Indonesia (@dexc_racingindonesia)

Dendi menambahkan, timnya saat ini sedang dalam tahap pengembangan mobil yang dikerjakan di Garasiku Motorsport. Timnya akan berkompetisi di kelas T2 – Diesel, jadi banyak batasan-batasan dalam memodifikasi mobil.

"Jadi untuk event kali ini, fokus pada engine remap dan setting ulang, dan suspensi upgrade dengan menggunakan suspensi spek kompetisi keluaran King. Memasuki Juni, kami rencana akan ada testing car, selain untuk uji kendaraan, juga untuk uji kesiapan driver co driver dan navigator," kata Dendi.

Dalam pengetesan ini nantinya, mobil akan dijalankan kurang lebih 300 km dengan kontur trek yang diupayakan mirip dengan trek yang akan dihadapi di Thailand dan Laos nanti.

Baca juga: Mengenal Asia Cross Country Rally, Reli Dakar Versi Asia

"Untuk driver dan co-driver, lebih persiapan fisik dan mental, karena kami biasanya di sprint rally, rally dan juga extreme offroad kompetisi, yang treknya jauh lebih pendek, misal untuk reli maksimal 200 km. Sementara nanti di Thailand hingga Laos jaraknya kurang lebih 2.000 km.

Chris John latihan jelang Asia Cross Country Rally (AXCR) 2023Dok. @lidza.oemar Chris John latihan jelang Asia Cross Country Rally (AXCR) 2023

Dendi mengatakan, dirinya tertarik pada profil Chris John. Sebagai juara kelas dunia, semangat Chris John tidak hanya mampu mendorong tim untuk sampai di garis finis. Tapi, juga memberikan euforia yang luar biasa bagi seluruh penikmat olahraga, khususnya dunia otomotif.

Bagi Dendi dan Edo, dunia offroad mungkin sudah tidak asing lagi. Tapi, mungkin tidak bagi Chris John yang dulunya terkenal sebagai atlet tinju.

Chris mengatakan, AXCR akan menjadi pengalaman yang sangat unik dalam perjalanan hidupnya. Awalnya, tim Racing Indonesia menghubungi dirinya untuk berdiskusi soal dunia olahraga Indonesia.

"Dalam diskusi tersebut tercetus ide untuk saya turut dalam AXCR 2023 bersama tim Racing Indonesia, Dendi dan Edo, hingga terbentuklah nama tim DExC Racing Indonesia, Dendi Edo x Chris John," ujar Chris.

Baca juga: Suzuki Splash Bergaya Reli, Tampil Agresif dengan Livery Mobil Balap

Chris John latihan jelang Asia Cross Country Rally (AXCR) 2023Dok. @lidza.oemar Chris John latihan jelang Asia Cross Country Rally (AXCR) 2023

"Awal ide ini tercetus, saya nggak ada keraguan, sih. Yakin, karena Dendi dan Edo memang sudah malang melintang di dunia balap. Tapi, karena ide ini sangat liar menurut saya, cukup menggelitik juga. Apalagi dalam agenda latihan beberapa hari lalu. Wah, saya malah khawatir, saya ketagihan di otomotif!" kata Chris.

Chris berharap dapat membawa nama Indonesia di ajang balap internasional ini berkibar dengan harum. Menurutnya, regenerasi dunia olahraga itu sangat penting.

"Euforia keikutsertaan tim DExC Racing Indonesia di AXCR 2023 saya harao mampu mendorong semangat anak bangsa untuk terus berolahraga dan mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung prestasi atlet Indonesia," ujarnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com