Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Ciri Pengendara Motor yang Membahayakan Pengguna Jalan Lain

Kompas.com - 16/05/2023, 18:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat sedang mengemudi, tidak jarang bertemu dengan pengendara motor yang terkesan memaksa saat menyalip kendaraan. Biasanya di tempat yang salah seperti di belokan atau tidak memperhitungkan jarak di depannya.

Kelakuan pengendara yang seperti tadi bisa dibilang berbahaya, buat dirinya sendiri dan juga untuk orang lain. Tentu jika sudah terjadi kecelakaan, bukan cuma dia saja yang repot, tapi orang lain bisa kena dampaknya.

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana menjelaskan, pengendara yang kurang perhitungan biasanya tidak memprediksi bahaya dengan baik, jadi main selonong saja.

Baca juga: Alex Marquez Kecelakaan, Diggia Raih Poin Untuk Gresini Racing

Pengemudi sepeda motor tewas di tempat usai terlibat kecelakaan dengan bajaj di Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Minggu (27/3/2022).Dok. TMC Polda Metro Pengemudi sepeda motor tewas di tempat usai terlibat kecelakaan dengan bajaj di Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Minggu (27/3/2022).

"Walau jalan cukup sempit dan area depan tidak terlihat (blind spot) dia tetap akan mencoba untuk mendahului," ucap Agus kepada Kompas.com belum lama ini.

Tentu kalau misalnya ada kendaraan dari arah berlawanan, bisa saja kaget dengan kelakuan pengendara tadi. Efeknya, tentu bisa tabrak kambing dan merugikan orang lain, bikin repot saja.

Berbeda kasusnya kalau pengendara tadi menghitungkan risiko saat mau menyalip kendaraan. Tentu yang ada di pikirannya adalah selamat sampai tujuan, bukan cari siapa paling cepat.

Baca juga: Toyota Indonesia Luncurkan Yaris Cross Hybrid secara World Premiere


"Bagi pengendara yang tau risiko dan potensi bahaya, dia akan menunggu sampai benar-benar aman, baru mulai mendahului," ucap Agus.

Maka, jadilah pengendara yang tau risiko bahaya di balik semua tindakannya. Sehingga jalanan jadi tempat yang aman dan angka kecelakaan bisa diredam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com