Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanita yang Naik Motor Wajib Perhatikan Pakaian

Kompas.com - 16/05/2023, 14:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pakaian wanita umumnya memiliki banyak model, termasuk yang panjang dan menjuntai seperti kerudung, gamis, rok dan lain sebagainya. Jenis busana ini ada kaitannya dengan keselamatan selama berkendara menggunakan sepeda motor.

Beberapa jenis pakaian wanita ternyata dapat membahayakan diri dan orang lain bila digunakan untuk berkendara motor, khususnya selain motor matik yang masih menggunakan rantai dan gear.

Tidak sedikit kasus kecelakaan, hingga membuat nyawa orang-orang tercinta melayang diakibatkan oleh pakaian yang tersangkut roda. Akibatnya motor terjatuh dan membahayakan pengendara dan orang lain di sekitarnya.

Baca juga: Buat Emak-emak, Ingat Bahaya Pakaian Menjuntai Saat Naik Motor

NA siswi TK usia lima tahun tewas terlindas truk di Jalan Raya Purwodadi - Kudus wilayah Kelurahan Grobogan, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Senin (1/5/2023) pagi sekitar pukul 09.30. DOKUMEN POLRES GROBOGAN NA siswi TK usia lima tahun tewas terlindas truk di Jalan Raya Purwodadi - Kudus wilayah Kelurahan Grobogan, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Senin (1/5/2023) pagi sekitar pukul 09.30. 

Head of Safety Riding Promotion Wahana, Main Dealer motor Honda wilayah Jakarta-Tangerang Agus Sani mengatakan, memang tidak sedikit kasus kecelakaan yang terjadi disebabkan karena pakaian atau hijab yang tersangkut gear rantai dan menggulung.

“Sebelum berkendara harus dipastikan bahwa bagian bawah baju tidak menjuntai, agar tidak tersangkut gear rantai dan menggulung. Sebab, jika hal ini sudah terjadi pasti berakibat fatal,” ucap Agus dikutip dari Kompas.com, Selasa (16/5/2023).

Pakaian yang menjuntai bisa menutupi lampu belakang motor sehingga pengendara lain tidak bisa melihat pergerakan kendaraan, kondisi ini tentunya sangat berbahaya mengingat lampu tersebut merupakan informasi untuk pengendara di belakangnya.

Baca juga: Ini Pakaian yang Aman buat Naik Motor

Ilustrasi merawat rantai motor- Ilustrasi merawat rantai motor

Seperti lampu sein yang mengisyaratkan pengendara mau bermanuver ke kiri atau kanan atau lampu rem yang menandakan terjadi perlambatan. Dengan demikian pengendara di belakang bisa melakukan langkah antisipasi.

“Bisa diakali dengan mendudukinya atau sedikit melipat dan mengaitkan ke bagian lainnya,” kata Agus.

Jangan sampai kecelakaan menimpa kita karena hal-hal yang sebenarnya dapat dihindari. Maka dari itu, bila memang terpaksa mengendarai sepeda motor, khususnya wanita, sebaiknya memperhatikan pakaian. Jika tidak bisa diganti, maka perlu penyesuaian agar pakaian tersebut tidak nyangkut atau menutup lampu belakang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com