Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Pengendara Motor Berteduh di Bawah Flyover, Kerap Bikin Macet

Kompas.com - 16/05/2023, 08:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi cuaca yang kadang hujan setelah panas terik membuat pengendara motor harus bersiap. Artinya, sediakan jas hujan di bagasi motor agar tetap bisa melanjutkan perjalanan saat hujan.

Sayangnya, tidak semua pengendara motor berpikir demikian. Ada saja yang tidak menyiapkan jas hujan sehingga harus berteduh, menunggu reda untuk bisa kembali berkendara.

Selain itu, masih ada juga pengendara yang asal memilih tempat untuk berteduh. Misal seperti pada video yang diunggah akun Dashcam Indonesia di Instagram, memperlihatkan deretan motor yang berteduh di bawah fly over.

Baca juga: Pengendara Motor Jangan Berteduh di Underpass, Bikin Macet

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

 

"Gile satu jalur dipake buat neduh, di klakson pada diem bae," tulis keterangan pengunggah dikutip Kompas.com, Selasa (16/5/2023).

Kalau dilihat secara seksama, memang ada deretan motor yang sedang berteduh di bawah flyover. Lebih parahnya lagi, jalan yang dilewati sepertinya adalah jembatan, sehingga lebih sempit dan membuat mobil sulit melintas.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, berteduh di bawah flyover bukan jadi tempat berteduh paling nyaman dan biasanya mengganggu pengguna jalan lain.

Baca juga: Wanita Beli Mini Cooper Sudah Dua Tahun, tapi Belum Dapat STNK

"Ketika hujan, tempat paling nyaman berteduh adalah di ruko atau area yang menyediakan lahan parkir dengan aman. Jadi tidak mengganggu pengendara lain dan tidak membahayakan diri sendiri," ucap Agus kepada Kompas.com, Senin (15/5/2023).

Sedangkan kalau memaksa berteduh di bawah flyover, membuat jalanan macet karena tempat parkirnya yang tidak tersedia. Lalu, ada juga risiko kendaraan lain tidak bisa mengendalikan kecepatan sehingga jadi korban tabrakan.

Menurut Agus, sebenarnya bisa saja berteduh di bawah flyover tapi sifatnya sementara, tujuannya untuk memakai jas hujan. Sehingga, motor berhenti cuma sebentar dan tidak membuat adanya penumpukan motor.

"Jika seperti itu masuh aman, karena memang menghindari air hujan. Tidak disarankan berteduh dengan waktu yang lama, apalagi kalau motornya diparkir agak ke tengah jalan," ucap Agus.

Lebih bagus lagi jika pengendara sudah memprediksi akan adanya hujan. Jadi jauh sebelum hujan turun dengan deras, sudah menepi untuk memakai jas hujan di lokasi yang lebih aman, tidak dadakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com