Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prediksi Harga Motor Listrik Honda EM1 e:, Bisa Setara Vario 160 cc

Kompas.com - 15/05/2023, 09:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Motor listrik Honda EM1 e: rencananya siap dipasarkan di Indonesia sebelum akhir 2023. Peluncuran ini menjadi bagian target perusahaan untuk mengenalkan 10 model motor listrik secara global pada 2025.

Kabarnya Honda mau menjual 3,5 juta unit motor listrik secara global atau setara dengan 15 persen dari total penjualan pada 2030.

Sejauh ini Honda baru mengungkap spesifikasi EM1 e:, sementara soal harga masih rahasia. Meski begitu sedikit demi sedikit, info mengenai banderol motor listrik ini mulai terungkap.

Baca juga: Suzuki Carry Carreta Rakitan Karoseri Adiputro, Masih Mulus

Motor listrik Honda EM1 e:PAULTAN.org Motor listrik Honda EM1 e:

Dilansir dari Young Machine (14/5/2023), kabarnya harga Honda EM1 e: akan segera diumumkan dalam waktu dekat di Jepang.

Motor listrik ini diperkirakan bakal dijual seharga 300.000 yen atau setara Rp 32 jutaan, termasuk pajak (termasuk baterai + pengisi daya).

Melihat prediksi harganya, artinya EM1 e: bisa setara dengan harga skutik 150 cc yang ditawarkan di rentang Rp 30 jutaan.

Baca juga: Hasil MotoGP Perancis 2023, Bezzecchi Sempurna, Marquez Jatuh Lagi

Seperti diketahui, per Mei 2023 Honda PCX 160 dijual Rp 32,620 juta (tipe CBS) dan Rp 36,035 juta (tipe ABS). Honda ADV 160 dibanderol Rp 36,2 juta (tipe CBS) dan Rp 39,4 juta (tipe ABS). Sedangkan, Vario 160 dijual dengan harga Rp 26,5 juta (CBS) - Rp 29,4 juta (ABS).

Sementara itu, motor listrik ini juga berkemungkinan mendapat insentif di Jepang, yang besarannya tergantung di mana konsumen tinggal.

Usai dikurangi subsidi, banderol EM1 e: rumornya bahkan bisa menyentuh 200.000 yen atau setara Rp 21 jutaan.

Baca juga: Bus Pariwisata Baru Milik PO Balideva, Pakai Sasis Isuzu

Motor listrik Honda EM1 e: dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (19/2/2023). Motor listrik ini telah mengusung Honda Mobile Power Pack e:, yaitu teknologi baterai terbaru yang dapat ditukar dengan mudah, dan bisa melakukan pengisian daya di rumah.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Motor listrik Honda EM1 e: dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (19/2/2023). Motor listrik ini telah mengusung Honda Mobile Power Pack e:, yaitu teknologi baterai terbaru yang dapat ditukar dengan mudah, dan bisa melakukan pengisian daya di rumah.

Hal yang sama tentunya bisa terjadi di Indonesia, terutama bila TKDN motor listrik ini mampu mencapai 40 persen.

Bukan tak mungkin nantinya Honda EM1 e: bakal mendapat subsidi sebesar Rp 7 juta dari pemerintah. Artinya, bisa saja jadi sekitar Rp 25 jutaan, setara dengan Vario 160.

Sebelumnya, prinsipal Honda telah memastikan peluncuran motor listrik EM1 e: bakal dilakukan di Jepang, Eropa, dan Indonesia.

Baca juga: Ini Pilihan Mobil Dinas Listrik untuk PNS Estelon I, Harga 900 Jutaan

Motor listrik Honda EM1 e: pakai teknologi Honda Mobile Power Pack Dok. Honda Motor listrik Honda EM1 e: pakai teknologi Honda Mobile Power Pack

Ahmad Muhibbuddin, GM Corporate Communication PT Astra Honda Motor, mengatakan, bahwa satu dari dua motor listrik yang nanti akan meluncur adalah EM1 e:

"Betul, kami akan merilis juga (EM1 e:) di Indonesia. Untuk detailnya akan kami kabari lebih lanjut," ucap Muhib, kepada Kompas.com belum lama ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com