Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap-siap, Mobil Baru Toyota Bakal Meluncur Siang Ini

Kompas.com - 15/05/2023, 07:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Indonesia dipastikan bakal meluncurkan mobil baru pada Senin (15/5/2023).

Melalui undangan yang diterima redaksi, produsen otomotif raksasa asal Jepang itu juga menuliskan bahwa peluncuran kali ini berstatus world premiere.

“World Premier of Toyota’s New Urban Cruiser Icon,” tulis undangan tersebut.

Kuat dugaan mobil ini merupakan Yaris Cross Hybrid, yang bermain di segmen sport utility vehicle (SUV) ringkas kelas B. Hal ini diperkuat dengan pernyataan CEO Asia Region Deputy Chief Officer Sales Financial Business Toyota Group, Toyota Motor Corporation Hao Quo Tien beberapa waktu lalu.

Baca juga: Kemungkinan Toyota Indonesia Produksi Yaris Cross Hybrid

Hao mengungkapkan rencana untuk memproduksi SUV ringkas kelas B di Tanah Air untuk membantu Indonesia menuju era elektrifikasi.

Presiden Direktur Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono pun sempat mengkonfirmasinya secara tidak langsung ketika berbincang bersama Kompas.com. Kala itu, ia hanya tersenyum simpul saja saat ditanya.

Toyota Yaris Crossdok.Toyota Toyota Yaris Cross

Bicara soal Yaris Cross, mobil ini bakal punya desain yang berbeda dengan yang sudah dipasarkan Toyota. Pasalnya, Yaris Cross yag sudah ada sebelumnya diproduksi di Jepang menggunakan platform Toyota New Global Architcture (TNGA). 

Sedangkan, model terbaru nanti menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA), meski menyandang nama sama, Yaris Cross. Model itu tersedia dalam dua pilihan mesin, yakni bensin 1.5 L dan hybrid 1.5 L.

Lebih detail soal dapur pacu, mobil ini menggunakan mesin bensin 1NZ-FXE, dengan konfigurasi 4-silinder Dynamic Force yang diklaim memiliki tenaga 75-77 PS dan torsi maksimum 111-115 Nm.

Baca juga: Video Korban Kecelakaan yang Tidak Pakai Helm, Tengkorak Retak dan Kritis di ICU

Adapun opsi hybrid, dibekali teknologi Toyota Hybrid System tipe IV  mengombinasika  motor elektrik dengan baterai lithium-ion. Teknologi ini berbeda dengan Kijang Innova Zenix yang sudah mengaplikasi teknologi Hybrid System tipe V yang lebih canggih.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com