Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jatuh Lagi, Ada Apa dengan Marc Marquez?

Kompas.com - 14/05/2023, 20:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap Repsol Honda Marc Marquez lagi-lagi gagal mendapatkan podium di seri MotoGP Perancis 2023. Pada Sprint Race, Marc cuma finis kelima dan di balapan utama yang tinggal dua lap, Marquez malah mengalami lowside dan terseret ke gravel.

Penampilan Marquez selama balap MotoGP Perancis, Sirkuit Le Mans, Minggu (14/5/2023), bisa dibilang sudah cukup baik. Pebalap Spanyol ini menahan dengan susah payah posisi kedua dari Jorge Martin.

Namun, berulang kali berganti posisi, Marc terjatuh saat sedang berusaha mengejar Martin yang berhasil menyalipnya. Podium yang sudah di depan mata pun harus melayang.

Ada apa dengan Marc Marquez?

Beberapa kali pebalap asal Spanyol ini mengeluhkan soal performa motor Honda RC213V. Pengembangan dan perbaikan performa terus dilakukan teknisi Honda, untuk bisa mengembalikan lagi kejayaan Marquez di lintasan.

Pada balapan di Le Mans, Marquez yang start dari posisi kedua, menggunakan komposisi ban dengan kompon hard di depan dan soft di belakang. Pilihan ban ini setidaknya sudah cukup baik hingga sisa beberapa lap lagi, namun lagi-lagi Baby Alien malah low side dan gagal finis. 

Baca juga: Hasil MotoGP Perancis 2023, Bezzecchi Sempurna, Marquez Jatuh Lagi

 

Sebenarnya, MotoGP Perancis kali ini menjadi momen kembalinya Marc sejak cedera di seri pembuka MotoGP Argentina. Pada saat itu, Marc menabrak Miguel Oliveira dan mengalami cedera sehingga harus absen.

Soal musim 2023 untuk Marc, pebalap Spanyol itu baru mengumpulkan 12 poin, dari podium kedua di Sprint Race Argentina dan posisi kelima di Sprint Race MotoGP Perancis.

Artinya pada balapan utama di musim ini, The Baby Alien sama sekali belum pernah naik podium, atau bahkan belum pernah sekalipun finis.

Marquez kecelakaan di MotoGP Portugal, lalu absen di GP Argentina, GP Amerika dan GP Spanyol, dan terakhir gagal finis di Le Mans, Perancis.

Kilas balik ke musim 2022, Marc juga cuma bisa duduk di posisi ke-13 klasemen pebalap. Marc alami highside di MotoGP Mandalika, membuatnya harus absen di Argentina dan kembali di GP Amerika.

Baca juga: Live MotoGP Perancis 2023: Vinales dan Bagnaia Kecelakaan, Sempat Ribut di Gravel


Selain itu di musim 2022 Marc juga masih bertarung dengan penyembuhan dari cederanya. Enam balapan di musim tersebut digantikan oleh pebalap tes HRC Stevan Bradl.

Marc pun kembali balapan di MotoGP Aragon, cuma dia harus berhenti karena setelah senggolan dengan Fabio Quartararo. Sampai akhir musim 2022, Marc cuma sekali mendapatkan podium kedua di MotoGP Australia.

Tentu saja para pencinta balapan MotoGP berharap Marquez bisa kembali kompetitif dan membuat persaingan balap motor paling bergengsi ini kembali hidup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com