Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keunggulan Mobil FWD Dibandingkan RWD

Kompas.com - 13/05/2023, 16:02 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada beberapa stigma kurang baik terhadap mobil front wheel drive (FWD), yang menurut sebagian orang, jenis penggerak ini lebih inferior bila dibandingkan rear wheel drive (RWD).

Satu kendala yang nampaknya sering sekali diungkit adalah perihal mobil FWD ‘keok’ di tanjakan dan performanya tidak sekuat RWD. Akan tetapi, hal itu nampaknya kurang pantas dijadikan patokan mutlak.

Juni Siswanto, Technical Leader Auto2000 Ahmad Yani mengatakan, tiap-tiap jenis penggerak memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Ini merupakan hal yang sangat wajar dan tidak dapat dipungkiri.

“Kalau harus objektif, FWD memang punya kekurangan di tanjakan dan kalah dengan RWD. Tapi satu kekurangan itu jangan sampai menutupi rentetan kelebihan lainnya dari FWD,” ucapnya kepada Kompas.com, Jumat (12/5/2023).

Baca juga: Bos Toyota Sebut Model yang Terkait Skandal Tes Tabrak Tetap Aman

Toyota All New Avanza Nasmoco Toyota All New Avanza

Juni memberikan penjelasan ringkas terkait kelebihan-kelebihan yang pasti dimiliki FWD, yaitu kenyamanan jauh lebih baik, harga relatif murah, dan konsumsi BBM irit.

Terkait segi kenyamanan, mobil FWD dianggap lebih unggul bila dibandingkan jenis penggerak lain. Alasannya adalah konstruksinya memang didesain untuk jenis mobil perkotaan.

“Fabrikasi penggerak FWD memang sudah disesuaikan untuk mobil-mobil perkotaan yang biasa digunakan keluarga. Makanya, banyak dijumpai city car, MPV, dan LCGC yang pakai penggerak depan, karena memang lebih nyaman,” kata Juni.

Keunggulan lain yang dimiliki FWD adalah harganya relatif murah. Hal ini dikarenakan penggerak depan jauh lebih ringkas dari segi komponen yang mengakibatkan penurunan biaya pembuatan.

Baca juga: Ketahui Penyebab Bunyi Berdecit pada Mobil

Proses pengecatan bodi Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid di pabrik TMMIN, Karawang, Jawa Barat.Toyota/TMMIN Proses pengecatan bodi Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid di pabrik TMMIN, Karawang, Jawa Barat.

“Karena production cost mobil FWD cukup murah, harga mobil-mobil penggerak depan juga relatif murah. Jadi menguntungkan produsen dan konsumen,” kata dia.

Terakhir, mobil FWD juga memiliki konsumsi BBM yang jauh lebih irit. Sebabnya juga mirip-mirip dengan keunggulan. sebelumnya, yaitu kompleksitas penggerak depan yang terbilang cukup ringkas.

“Ada beberapa komponen rumit yang tidak ada di FWD, misalnya propeller shaft. Jadinya saluran tenaga dari mesin jauh lebih lancar dan membuat konsumsi BBM lebih irit. Faktor ini sebetulnya tidak murni karena penggerak, karena dipengaruhi juga oleh mesin,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com