Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Tips Hindari Baterai Motor Listrik dari Risiko Terbakar

Kompas.com - 13/05/2023, 14:22 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemakaian motor listrik tengah menjadi tren akhir-akhir ini. Tingginya minat terhadap motor listrik harus dibarengi dengan pengetahuan soal perawatan baterai.

Sebab bila salah penanganan, maka baterai motor listrik bisa turun performa, bocor, hingga berisiko meledak dan terbakar.

Awan Setiawan, Head of Division United E-Motor, mengatakan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan konsumen untuk menghindari baterai motor listrik dari risiko terbakar.

Baca juga: Video Honda Brio Alami Kerusakan Cat Bodi akibat Paint Remover

United E-Motor dilengkapi portabel chargerUnited E-Motor United E-Motor dilengkapi portabel charger

Pertama, pastikan lokasi charging motor listrik berada di tempat yang aman. Bisa berada di tempat yang teduh, di dalam ruangan, dan pastikan bebas dari gangguan.

“Beli colokan timer untuk setting pengecasan, contoh 1 jam agar tidak overcharging,” ujar Awan, kepada Kompas.com (13/5/2023).

Seperti diketahui, umur baterai bisa berkurang bila sering dicas sampai penuh. Makanya pengecasan baterai yang direkomendasikan jangan sampai 100 persen.

Baca juga: Saat Beli Mobil Bekas Sebaiknya Hindari Unit dari Daerah Ini

Konsumen juga diimbau untuk tidak memodifikasi bagian elektrikal motor listrik, khususnya komponen baterai.

“Harus siap APAR khusus, di pasaran banyak. Jika sudah terbakar jauhkan barang-barang yang mudah terbakar di sekitarnya, jangan panik karena nanti padam sendiri,” ucap Awan.

“Pastikan tutup jangan sampai dapat oksigen, seperti kalau ada pasir di sekitarnya bisa ditimbun. APAR bubuk sudah paling benar,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com