Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta, Aki Pakai Peredam Panas Bisa Bikin Lebih Awet?

Kompas.com - 12/05/2023, 15:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Pengguna mobil tentu saja berupaya agar aki atau baterai bisa dipakai dalam kurun waktu yang lama. Sehingga, beberapa tips agar komponen penyimpan daya listrik ini lebih awet bisa diikuti.

Salah satu tips menjaga aki mobil agar lebih awet yang beredar di masyarakat adalah memasang peredam panas untuk aki. Katanya, cara tersebut cukup efektif membuat usia aki lebih panjang.

Peredam panas merupakan pelindung yang menyelimuti bodi aki, sehingga temperaturnya menjadi lebih terjaga. Lantas, apakah tips tersebut termasuk fakta atau mitos belaka?

Baca juga: Beli Aki Mobil Jangan Tergiur Harga Murah

Peredam panas aki banyak dijual di pasaranTangkapan layar Peredam panas aki banyak dijual di pasaran

Kepala Toko Shop & Drive Penggaron Suprawitno mengatakan ada beberapa faktor yang bisa membuat aki lebih awet, sebaliknya jika faktor tersebut tidak terpenuhi maka aki akan menjadi cepat rusak.

“Sedangkan peredam panas aki itu hanya satu dari sekian banyak faktor yang bisa membuat aki lebih awet, jadi aki akan lebih awet bila semua faktor terpenuhi,” ucap Supra kepada Kompas.com, Jumat (12/5/2023).

Supra mengatakan jika bicara soal peredam panas, memang secara teori dapat menghambat panas dari mesin. Sehingga, aki tidak akan terinduksi panas lebih banyak daripada tidak menggunakan peredam.

Baca juga: Jangan Cuek, Ini Tanda-tanda Aki Mobil Lemah dan Minta Diganti

Aki mobilDicky Aditya Wijaya Aki mobil

Salah satu faktor yang bisa membuat kualitas air aki menurun adalah panas, sehingga semakin tinggi temperatur ruang mesin bisa menyebabkan penguapan lebih banyak.

“Tapi jika diamati, masih banyak produsen mobil yang tidak menyematkan peredam panas pada aki, sehingga ini perlu dikaji kembali apakah peredam panas efektif membuat aki lebih awet,” ucap Supra.

Pemilik One Aki Ceper Wawan mengatakan peredam panas bisa mengurangi penguapan air aki, sehingga cukup efektif digunakan.

Baca juga: Cerita Konsumen Ditipu Beli Aki oleh Bengkel Mirip Shop&Drive

“Bila suhu aki tidak terlalu panas, maka penguapan yang terjadi akan minim, sehingga itu cukup baik digunakan,” ucap Wawan kepada Kompas.com, Jumat (12/5/2023).

Jadi, peredam panas untuk aki bisa digunakan agar penguapan lebih sedikit, itu akan membuat usia aki lebih awet menurut Wawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com