Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Cuek, Karet-karet pada Mobil Juga Harus Dirawat

Kompas.com - 12/05/2023, 14:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika membahas soal perawatan mobil, komponen yang umumnya langsung muncul di pikiran pemilik, yaitu mesin, kelistrikan, atau bodi dan interior.

Padahal, ada komponen vital yang nampaknya sering diabaikan padahal juga membutuhkan perawatan supaya kualitasnya terjaga, yakni karet-karetan seperti wiper blade, sekat power window, dan penahan pintu mobil.

Anthony Setiadi, Direktur Utama PT Tri Chemindo Ampuh (TCA) sekaligus pakar formulasi kimia menjelaskan, komponen berbahan karet pada mobil bisa berjamur dan getas apabila tidak dirawat.

“Struktur bahan karet berbeda dengan komponen lainnya pada mobil, dan dia bisa getas dan rusak dalam jangka waktu tertentu. Supaya umurnya lebih lama, karet-karet harus selalu dirawat,” ucapnya kepada Kompas.com, Rabu (10/5/2023).

Baca juga: Anjuran Aman Naik Motor Bonceng Anak Kecil

Ilustrasi rubber care, cairan perawatan dan pembersih karet mobilSONAX Ilustrasi rubber care, cairan perawatan dan pembersih karet mobil

Anthony menjelaskan, tiap-tiap komponen pada mobil sudah memiliki pelumas atau cairan khusus untuk merawat menjaga performanya. Misalnya oli untuk mesin, coolant untuk radiator, wax untuk body, dan sebagainya.

Untuk komponen-komponen berbahan karet, cairan perawatan yang paling baik adalah rubber care. Produk car care ini memiliki komposisi khusus untuk mencegah getas.

“Produk ini banyak dijual di toko perlengkapan dan biasanya berbentuk seperti semir sepatu, jadinya cukup dioles saja,” ucap Anthony.

Untuk pengaplikasiannya, pengguna bisa menggunakan rubber care sekali setiap bulan atau seusai melakukan cuci mobil. Cukup oleskan cairan di komponen berbahan karet seperti wiper blade, sekat jendela, dan penahan pintu mobil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com