Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lihat Video Mobil Reli Terjun ke Jurang tapi Tidak Ringsek

Kompas.com - 05/05/2023, 10:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Video viral di media sosial memperlihatkan mobil reli yang terbang jatuh ke jurang. Menariknya, dalam video di kabin pengemudi dan co-driver terlihat tetap tenang meski mobil terguling.

Dalam unggahan di akun Instagram wowcreepy_id terlihat bahwa mobil yang jatuh tersebut merupakan mobil tim balap Hyundai di kejuaraan dunia World Rally Championship (WRC).

Baca juga: Kondisi Terakhir Pol Espargaro Usai Kecelakaan dan Cedera Parah

Dalam video terlihat meski mobil terjun ke jurang tapi mobil tidak ringsek. Pengemudi dan co-driver tetap aman di dalam mobil berkat roll cage dan sabuk keselamatan yang menjamin keamanan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Creepy + Informasi (@wowcreepy_id)

"Bukti begitu tingginya tingkat keamanan pada mobil Rally. Driver dan Co Drivernya tetap santai meski terguling berkali-kali!," tulis keterangan video, dikutip pada Jumat (5/5/2023).

Bicara soal roll cage merupakan batang-batang besi yang melindungi pebalap agar mobil tidak ringsek jika terjadi kecelakaan. Sehingga dengan demikian, pebalap dapat keluar dari mobil jika mobil terguling.

Baca juga: Ini yang Harus Dilakukan Pengendara Motor Saat Dengar Sirene Ambulans

Pereli Rifat Sungkar mengatakan, besi-besi roll bar pada mobil balap berkembang seiring berjalannya waktu. Rifat menjelaskan, pada awalnya desain roll bar hanya sedikit.

"Roll bar-nya cuma perlu dua titik. Dulu, itu bentuknya kayak jeep, kalau jeep kan cuma atas doang, ke belakang. Tumbuh jadi empat titik, enam titik, delapan titik," kata Rifat kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Kabin dilengkapi roll bar.Febri Ardani/KompasOtomotif Kabin dilengkapi roll bar.

Dikutip dari peraturan teknik keselamatan olahraga mobil oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI), roll bar atau roll cage merupakan rangka pipa yang dibentuk dan mempunyai dua buah kaki (mounting foot).

Baca juga: Banyak Motor Lawan Arus di Jalur Puncak Saat One Way

Ada beberapa jenis roll bar yang diketahui, yaitu main roll bar, front roll bar, lateral roll bar, dan lateral half roll bar.

Kemudian mengenai sabuk pengaman, seat belt di mobil balap termasuk mobil reli memakai model enam titik. Model ini biasa digunakan untuk ajang dalam balap serius.

Seat belt jenis ini jauh lebih aman ketimbang sabuk pengaman lain, tetapi sangat tidak nyaman karena ruang gerak yang terbatas. Keunggulannya pengemudi tidak akan terlempar dari kursi jika terjadi kecelakaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com