Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Bus Baru Milik PO Merpati Transport

Kompas.com - 05/05/2023, 07:42 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Perusahaan otobus (PO) Merpati Transport rencananya akan merilis bus baru untuk memperkuat layanan transportasi pariwisata.

Kabar tersebut dibocorkan melalui foto yang diunggahan pada story Instagram @merpati.transport.

Pada foto tersebut menampilkan satu unit bodi bus dengan kelir biru muda yang sedang dalam tahap perakitan. Berdasarkan foto tersebut pula diketahui bila bus masih dalam tahap pengerjaan di garasi milik Karoseri Tentrem.

Baca juga: Dekat dengan SUTET atau Tiang BTS, Remote Mobil Bisa Jadi Macet

Oleh karena itu, beberapa komponen penting pada bus belum disematkan seperti kaca, livery, pintu dan bangku. Kaca spion, lampu-lampu atau komponen kelistrikan pada bus juga belum disematkan.

Bus hanya diperlihatkan dari eksteriornya saja sehingga belum diketahui akan di desain seperti apa untuk bagian interior.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by (OFC) PT MERPATI TRANSPORT BALI (@merpati.transport)


Hanya saja tidak disebutkan secara detail apakah nantinya PO asal Bali tersebut hanya akan merilis satu unit bus baru atau lebih.

Namun, untuk spesifikasi bus menggunakan balutan bodi Avante H9 yang ditopang oleh sasis Hino RM280. Kemudian, bagian wajah bus nantinya akan menggunakan model double glass dengan hiasan menyerupai bando.

Baca juga: Kondisi Terakhir Pol Espargaro Usai Kecelakaan dan Cedera Parah

Bodi bus Avante H9 dari Karoseri Tentrem sendiri ini punya beberapa keunggulan. Misalnya material bodi menggunakan pelat aluminium, alhasil bobot total bus diklaim lebih ringan namun tetap kuat.

Kemudian, keunggulan lainnya dari Avante H9 ialah punya bodi bus super tinggi yakni 3,9 meter dan punya bagasi yang lebih luas dari H7 dan H8.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com