Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kondisi Terakhir Pol Espargaro Usai Kecelakaan dan Cedera Parah

Kompas.com - 04/05/2023, 19:11 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap Tech3 GasGas Factory Racing Pol Espargaro memiliki awal musim MotoGP 2023 yang kurang baik. Pada sesi latihan di seri perdana, MotoGP Portugal, Pol alami kecelakaan yang sangat parah.

Pol mengalami patah tulang rahang, patah tulang punggung, dan mengalami pulmonary contusion (cedera paru-paru) akibat dari kecelakaan tersebut. Baru-baru ini, Pol mengunggah video update kondisinya di Instagram.

Dikutip dari Visordown, Pol sangat mengkhawatirkan cederanya di bagian tulang punggung. Begitu juga dari sisi dokter, lebih mendalami cedera di bagian tersebut.

Baca juga: Jonas Folger Gantikan Pol Espargaro Mulai Seri Ketiga

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Pol Espargaro? (@polespargaro)

 

"Apa yang terjadi kalau mengalami cedera di bagian tulang punggung, maka harus ekstra hati-hati. Ketika cedera tulang belakang, maka sangat mudah mencederai sumsum tulang belakang," ucapnya dikutip dari Visordown, Kamis (4/5/2023).

Pada video tersebut, Pol juga memperlihatkan semangatnya yang mau segera kembali untuk balapan. Tapi fokus utamanya saat ini tetap agar bisa segera sehat sepenuhnya.

"Kami bekerja dengan dokter agar bisa kembali (balapan) segera. Saya mau naik motor lagi apalagi setelah lihat hasil (KTM) di Jerez," ucap Pol.

Baca juga: Video Pajero Sport Vs Sigra, Bukti Masih Banyak Pengemudi Emosional


Menurut Pol, motor KTM yang juga dipakai oleh Gasgas adalah roket, salah satu yang terbaik di grid. Makanya dia sangat semangat untuk bisa kembali tancap gas pakai motor tersebut.

Memang belum ada tanggal pasti kapan Pol kembali balapan. Pol sudah sebulan lebih beristirahat, menyembuhkan tubuhnya dari cedera.

Ada kemungkinan tinggal beberapa balapan lagi Pol bisa kembali balapan. Pada Mei, ada balap di Lemans pada 14 Mei dan istirahat sebulan sampai Juni, tepatnya tanggal 11 di Italia.

Saat ini, sejak MotoGP Amerika, Pol digantikan oleh test rider KTM Jonas Folger. Pebalap Jerman tersebut cuma finis ke-12 di Austin dan ke-17 di Jerez.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com