Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Tes Tabrak Kembaran Avanza-Xenia di Malaysia

Kompas.com - 22/07/2022, 09:02 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Assessment Program for Southeast Countries (ASEAN NCAP) merilis hasil uji tabrak kembaran All New Avanza dan Xenia, yakni Perodua Alza, yang dipasarkan di Malaysia.

Berdasarkan keterangan resmi ASEAN NCAP, Perodua Alza berhasil mengantongi peringkat bintang lima dengan skor sebesar 81,64 poin. Hasil ini berasal dari empat kategori penilaian.

Untuk perlindungan orang dewasa atau adult occupant protection, mobil yang bermain di segmen low multi purpose vehicle (LMPV) tersebut mendapat 36,20 poin dari maksimal 40,00 poin.

Baca juga: Perbandingan Harga Hyundai Stargazer, Avanza-Veloz, dan Xpander

Sementara dari kategori perlindungan anak-anak sebesar 16,88 poin, safety assist (SA) 18,57 poin dan 10,00 poin untuk kategori keselamatan pengendara sepeda motor.

Perodua AlzaPAULTAN Perodua Alza

Kembaran Avanza dan Xenia ini dilengkapi dengan enam airbag, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Stability Control (ESC), Seatbelt Reminder System (SBR) untuk penumpang depan dan belakang.

Peroda Alza juga dibekali Autonomous Emergency Braking (AEB), Auto Hig Beam, dan Pedestrian Protection yang menjadi fitur pada semua variannya.

Untuk keselamatan, tersedia Blind Sport Detection (BSD), Lane Departure Warning (LDW), Forward Collision Warning (FWC), dan Lane Keep Assist (LKA).

Baca juga: Buat yang Awam, Ini Cara Cek Kondisi Kaki-kaki Mobil Bekas

Sekretaris Jenderal ASEAN NCAP, Dato Dr. Khairil Anwar Abu Kassim mengatakan, dengan diluncurkannya Alza baru, Perodua telah menunjukkan semangat berkelanjutan untuk keselamatan pengguna jalan. Tidak hanya untuk pelanggan dan keluarga tapi juga pengguna jalan rentan lainnya.

Perodua AlzaPAULTAN Perodua Alza

"Karena itu, saya mendorong lebih banyak produsen kendaraan untuk memproyeksikan semangat yang sama juga dengan mengembangkan mobil yang memiliki teknologi keselamatan yang dibutuhkan saat kita bekerja sama untuk memenuhi target mengurangi separuh kematian di jalan di wilayah ini," kata Khairil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com