Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga SUV Bekas Usai Lebaran 2023, mulai Rp 61 Jutaan

Kompas.com - 02/05/2023, 17:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga mobil sport utility vehicle (SUV) bekas di pasaran sempat mengalami kenaikan jelang musim mudik Lebaran 2023. Saat ini, banderol model ini kembali normal tanpa mengurangi fitur yang disematkan.

Pada dasarnya segmen ini adalah mobil sport yang memiliki desain khusus untuk melibas segala medan. Itu sebabnya, mobil SUV umumnya memiliki mesin yang lebih besar dan dilengkapi suspensi yang kokoh.

Beberapa SUV juga dilengkapi fitur 4WD sehingga semua roda bisa menjadi penggerak. Hal ini tentu saja akan menguntungkan ketika mobil melewati medan yang licin dan tidak rata. Fitur tersebut akan membuat mobil ini cukup lincah di jalan yang berlumpur sekali pun.

Baca juga: Hasil Konsumsi BBM Pajero Sport Jelajah di Jalur Pansela

Fortuner GR Sport diskon Nasmoco Fortuner GR Sport diskon

Banyak orang memilih mobil SUV untuk keperluan harian meski berada di perkotaan, karena sebagian besar mobil ini memiliki eksterior yang gagah dan didukung mesin yang garang sangat cocok untuk bergaya.

Selain tampilan dan suara mesin, kapasitas serta transmisi yang digunakan pada mobil SUV sangat mendukung pada jalan bebas hambatan untuk memacu kecepatan mobil. Alhasil, berkendara dengan mobil ini menjadi lebih singkat untuk menempuh jarak tertentu.

Secara umum harga mobil SUV baru tidaklah murah, namun Anda bisa mendapatkan harga yang lebih terjangkau bila membeli dalam kondisi bekas. Jenisnya sendiri sangat beragam, mulai dari merek, kelas, serta fitur yang disematkan. Maka dari itu harga jual bekasnya bisa sangat bervariasi.

Baca juga: Toyota Fortuner Masuk Jalur Rel Kereta Api, Butuh 5 Jam Evakuasi

Nissan X-Trail 2023doc carscoops Nissan X-Trail 2023

Selain perbedaan merek dan fitur, usia mobil juga menjadi penentu harga mobil bekas. Karena pada umumnya, semakin tua usia kendaraan, kondisinya semakin menurun selaras dengan harganya. Selain itu, jarak tempuh kendaraan juga kerap menjadi bahan pertimbangan.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, Selasa (2/5/2023) dari berbagai bursa mobil bekas daring, berikut ini daftar mobil SUV bekas;

Honda CR-V 2003-2022, Rp 61 juta - Rp 600 juta
Nissan X-Trail 2004-2018, Rp 62 juta - Rp 305 juta
Toyota Fortuner 2005-2020, Rp 139 juta - Rp 480 juta
Mitsubishi Pajero 2009-2021, Rp 178 juta - Rp 549 juta

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com