Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marc Marquez Tidak Mau Balapan di Jerez, Karirnya Jadi Taruhan

Kompas.com - 28/04/2023, 17:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez sudah absen sejak seri kedua hingga seri keempat MotoGP 2023. Pebalap Repsol Honda tersebut mengaku tidak mau mengambil risiko yang dapat mempertaruhkan karirnya.

Sebelumnya, Marquez menyebutkan, bukannya dia tidak mau mencoba untuk kembali balapan di MotoGP Spanyol 2023 di Sirkuit Jerez. Tapi, dari tim dokter pun juga menyarankan untuk meneruskan proses penyembuhan.

Baca juga: Marc Marquez Masih Absen, Digantikan Iker Lecuona

"Bukannya tiba-tiba saya tidak ingin mengambil risiko. Saya memberikan semuanya 100 persen untuk bisa balapan di sini di Jerez," ujar Marquez, dikutip dari Speedweek.com, Jumat (28/4/2023).

Crash Marc Marquez dan Miguel Oliveria di tikungan ketigatwitter.com/motogp Crash Marc Marquez dan Miguel Oliveria di tikungan ketiga

Marquez menambahkan, tiga tim medis berbeda di Spanyol, Amerika, dan Austria, mengatakan bahwa dirinya belum bisa untuk balapan. Jika memaksa untuk balapan, maka cederanya bisa lebih parah.

"Risiko utamanya bukan terjatuh, tapi hanya dari tekanan setang, tulang akan rusak lagi. Terutama karena ini adalah retakan yang sangat kecil, tetapi retakan yang mempengaruhi stabilitas ibu jari dan ini adalah salah satu jari terpenting saat Anda mengerem," kata Marquez.

Baca juga: Beda Pendekatan Pedrosa dan Marquez, Terlihat Siapa yang Arogan

Marquez mengatakan, masalahnya adalah jika cedera lagi akan ada kerusakan besar. Tidak hanya untuk tiga bulan lebih, tetapi juga untuk karir.

Pebalap Repsol Honda Marc Marquez menghampiri Miguel Oliveira seusai terlibat kecelakaan dalam balapan MotoGP Portugal di Sirkuit Internasional Algarve, Minggu (26/3/2023) malam WIB. Akibatnya, Marc Marquez dan Miguel Oliveira absen di MotoGP Argentina 2023. Marc Marquez dipastikan kembali absen pada MotoGP Amerika yang akan digulirkan akhir pekan ini.AFP/PATRICIA DE MELO MOREIRA Pebalap Repsol Honda Marc Marquez menghampiri Miguel Oliveira seusai terlibat kecelakaan dalam balapan MotoGP Portugal di Sirkuit Internasional Algarve, Minggu (26/3/2023) malam WIB. Akibatnya, Marc Marquez dan Miguel Oliveira absen di MotoGP Argentina 2023. Marc Marquez dipastikan kembali absen pada MotoGP Amerika yang akan digulirkan akhir pekan ini.

“Tapi jika saya cedera lagi, maka mungkin itu bisa menjadi akhir dari karir saya karena itu adalah jari yang sangat penting," ujarnya.

Alasan tersebut, menurut Marquez, membuatnya lebih mudah untuk memutuskan untuk tidak kembali balapan di Jerez. Marquez menambahkan, tidak masalah berapa usianya, tapi jangan melawan dokter, yang merupakan ahli di bidangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com